Breaking News:

KPU dan Tribunnetwork Teken MoU

KPU RI Gandeng Tribun Tingkat Kualitas Demokrasi pada Pemilu 2024

KPU dan PT Tribun Digital Online atau Tribunnetwork menjalin kerja sama pada awal 2022 ini

Editor: iin sholihin
TRIBUNNEWS/JEPRIMA
PEMILU 2024 - Ketua Komisi Pemilihan Umum (KPU) RI Ilham Saputra (kiri) bersama Direktur Pemberitaan Tribun Network Febby Mahendra Putra menunjukkan surat Penandatanganan Nota Kesepahaman antara KPU RI dengan Tribun Network di Gedung KPU, Jakarta Pusat, Kamis (6/1/2022). Kerja sama tersebut untuk penguatan informasi sekaligus mengantisipasi pemberitaan hoaks tentang penyelenggaraan Pilpres, Pemilu dan Pilkada 2024. 

TRIBUN-MEDAN.com, JAKARTA - Komisi Pemilihan Umum atau KPU dan PT Tribun Digital Online atau Tribunnetwork menjalin kerja sama pada awal 2022 ini. Dua lembaga tersebut telah meneken nota kesepahaman alias Memorandum of Understanding atau MoU.

Penandatanganan dilakukan di sebuah ruang di Lantai 2 Kantor KPU RI, Jl Imam Bonjol Nomor 29, Jakarta Pusat, Kamis (6/1). Dalam ruangan itu ada podium kecil.

Di atas panggung itulah, perwakilan KPU RI dan PT Tribun Digital Online meneken MoU. Penandatangan dari pihak KPU RI adalah Ketua KPU RI Ilham Saputra, sementara perwakilan PT Tribun Digital Online adalah Direktur Pemberitaan Tribunnetwork, Febby Mahendra Putra.

Baca juga: Berita Foto: KPU RI Gelar Simulasi Penyederhanaan Surat Suara pada Pemilihan Umum (Pemilu) 2024

Acara kemudian dilanjutkan dengan bertukar cendera mata dari kedua belah pihak. Tribunnews.com memberikan sebuah cendera mata berbentuk plakat tokoh pewayangan dalam cerita Mahabharata, yakni Arjuna.

"Arjuna itu kesatria, semoga KPU tetap menjadi kesatria dalam pemilu mendatang," ujar Febby kepada Ilham di atas panggung, kemarin. Febby menyatakan Tribunnetwork sudah menjadi portal besar di Republik Indonesia. Terbukti, dalam sehari page view Tribunnetwork mencapai 2,2 juta dengan jumlah pengunjung mencapai 2,5 juta.

Jumlah reporter yang dimiliki kelompok surat kabar daerah tersebut mencapai 1.400 orang, termasuk dalam unit-unit Tribunnetwork di daerah yang bukan sekadar biro, melainkan perusahaan lengkap dan mandiri.

"Saya bisa klaim bahwa perusahaan pers mainstream yang jumlah reporternya terbanyak iMEDANtu, kami. Bahkan, kantor berita Antara pun mungkin kalah. Kami sudah hadir di 30 provinsi. Insyaallah Juli nanti sudah lengkap 34 provinsi," kata Febby.

Tribunnetwork, kata Febby, komitmen untuk mendukung penuh penyelenggaraan Pemilu 2024 agar terselenggara dengan baik. Namun, ia memastikan Tribunnetwork tetap mengedepankan fairness, keberimbangan dan kode etik jurnalistik dalam memberitakan informasi seputar pemilu dari sisi KPU kepada masyarakat dan juga sebaliknya.

"Kami berharap nantinya KPU, mulai dari pusat sampai ke daerah bisa bergandengan tangan dengan kami untuk menyampaikan informasi perkembangan apapun, di setiap tahap sampai betul-betul pemilihan umum kali ini tuntas. Kami percaya bahwa penyelenggaraan atau tahapan pemilu yang baik itu akan menghasilkan pemimpin yang baik," katanya.

Febby menambahkan, Tribunnetwork bangga bisa membantu KPU sebagai bridging yang sifatnya dua arah, baik sosialisasi KPU kepada masyarakat atau sebaliknya.

Halaman
12
Sumber: Tribunnews
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2022 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved