Breaking News:

Apa Itu NFT dan Bagaimana Caranya Mendapat Cuan Seperti Ghozali Everyday

Harga NFT yang mahal biasanya mengandung gambar dengan kualitas yang bagus dan ciri tertentu yang khas sehingga cocok untuk dikoleksi.

HO / Tribun Medan
Ghozali Everyday 

TRIBUN-MEDAN.com - NFT (Non-fungible Token) menjadi bahan pembicaraan berbagai kalangan di Indonesia, setelah digemparkan dengan harga foto selfie milik Ghozali Everday, yang melambung tinggi di marketplace NFT OpenSea.

Awalnya, NFT berupa foto selfie wajah pribadi Ghozali Everday yang diambil dalam kurun waktu sekitar lima tahun belakangan itu, hanya dijual dengan harga mata uang kripto Ethereum sebesar 0.001 ETH atau sekitar Rp45 ribu per foto.

Kini, harga NFT Ghozali Everday yang berjumlah 933 foto selfie itu menghasilkan cuan dengan menyentuh harga rata-rata sekitar 0.3 ETH (Rp14 juta) per foto. Apabila semua foto itu terjual, bisa Anda bayangkan berapa milyar rupiah yang bakal diraup Ghozali Everyday.

Sekilas membaca kisah dari Ghozali Everyday, mungkin bisa membuat banyak orang tergiur mengikuti jejak kesuksesannnya untuk mendapatkan uang dengan mudah dari menjual NFT.

Pasalnya, NFT Ghozali Everyday jika dibandingkan dengan NFT milik penjual lain di OpenSea, mungkin bisa dikatakan tergolong mudah karena tidak terlalu banyak upaya teknis untuk mendesain gambar NFT.

Anda bisa saja mengikuti Ghozali Everyday dengan membuat NFT yang tampak sederhana, cukup mengambil foto sederhana seperti selfie dengan menggunakan kamera ponsel, kemudian diunggah di OpenSea, lalu menjualnya dan berharap harga akan naik.

Namun sayangnya, harapan itu tidak bakal terwujud. Jika dilihat lebih lanjut, Ghozali Everyday yang memiliki nama asli Sultan Gustaf Al Ghozali, pada kenyataanya tidak hanya sekedar mengambil foto selfie lalu dijual di OpenSea.

NFT sebagai salah satu turunan lain dari aset digital yang berbasis blockchain, memang memilki skema perdagangan yang memungkinkan penjual dan pembeli secara langsung bebas untuk menentukkan harga.

Meski bebas menentukkan harga, bukan berarti proses penentuan harga dari NFT di marketplace tidak berlandaskan apapun. Ghozali Everday mengaku bahwa NFT miliknya pertama kali dijual di OpenSea pada akhir Desember 2021, dipatok dengan harga murah.

Kemudian, ia juga mengaku bahwa NFT miliknya dibantu promosi oleh komunitas NFT di Indonesia. Setelah itu, foto selfie Ghozali mendapat perhatian dari berbagai kalangan, sebagaimana dikutip dari Kompascom, Jumat (13/01/2022).

Halaman
1234
Sumber: Tribun Medan
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2022 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved