Bupati Dairi Jawab Keluhan dari Sejumlah Ketua BPD, Tahun Depan Ada Intensif tapi Terukur

Bupati Dairi, Eddy Keleng Ate Berutu menerima keluhan dari beberapa BPD (Badan Permusyawaratan Desa) se-Kabupaten Dairi bimbingan teknis (Bimtek

Editor: jefrisusetio
Istimewa
Bupati Dairi, Eddy Keleng Ate Berutu menerima keluhan dari beberapa BPD (Badan Permusyawaratan Desa) se Kabupaten Dairi dalam bimbingan teknis (Bimtek) 

TRIBUN-MEDAN.COM,SIDIKALANG - Bupati Dairi, Eddy Keleng Ate Berutu menerima keluhan dari beberapa BPD (Badan Permusyawaratan Desa) se Kabupaten Dairi dalam bimbingan teknis (Bimtek) yang diselenggarkan oleh Dinas Pemberdayaan Masyarakat dan Desa (Dispemdes) di Hotel Mutiara Sidikalang, Selasa (5/4/2022).

Sejumlah ketua BPD dari beberapa desa seperti Desa Lae Itam, Desa Gunung Meriah, Desa Sihorbo, dan Desa Kalang Simbara menyampaikan berbagai keluhan yang langsung mendapat respon dari bupati, dinas pemdes dan juga camat.

Adapun keluhan yang disampaikan Sihombing dari Desa Lae Itam. Ia mengeluhkan materi yang ada dalam buku materi tidak sejalan dengan pengaplikasian di lapangan.

Seperti penetapan penerima BLT, pihak BPD di desanya hanya diundang pada saat penetapan nama nama penerima BLT saja.

Pernyataan serupa disampaikan anggota BPD Lainnya, Billy Aritonang dari desa sihorbo. Ia bilang pengawasan yang dilakukan BPD tidak mendapat respon dari kepala desa dan perangkat. 

Sehingga, dibutuhkan peran Inspektorat dan PMD untuk melakukan penindakan secara serius. 

Keluhan serupa juga disampaikan oleh BPD Desa Gunung Meriah, Kecamatan Siempat Nempu Hulu yang menginginkan kesejahteraan anggota BPD yang perlu mendapat perhatian.

Selain itu, BPD Desa Kalang Simbara melalui Delphi Masdiana Ujung juga menyampaikan  ada kecenderungan kehadiran BPD dianggap sebagai ancaman.

"Bagaimana agar BPD bisa bekerja sesuai dengan tupoksi. Kehadiran BPD jangan dianggap sebagai sebuah ancaman," tanyanya mengakhiri.

Mendengar hal itu, Eddy Berutu menyampaikan beberapa poin penting untuk membuat BPD menjadi lebih maksimal. Satu di antaranya, tunjangan insentif bagi BPD harus lebih ditingkatkan.

Halaman
12
Sumber: Tribun Medan
  • Ikuti kami di
    KOMENTAR

    BERITA TERKINI

    © 2022 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
    All Right Reserved