Berita Simalungun

Okupansi Hotel di Kota Wisata Parapat Sentuh Angka 90 Persen

Momen Idul Fitri 1443 Hijriyah/ Tahun 2022 menjadi berkah bagi dunia perhotelan di Danau Toba, terkhusus Kota Wisata Parapat.

Penulis: Alija Magribi | Editor: Tommy Simatupang
Tribun-Medan.com/Alija Magribi
Sejumlah wisatawan terlihat menikmati Pantai Bebas, Parapat sebelum konsep New Normal diresmikan Dinas Pariwisata Simalungun, pada Jumat (29/5/2020). 

TRIBUN-MEDAN.com, PARAPAT - Momen Idul Fitri 1443 Hijriyah/ Tahun 2022 menjadi berkah bagi dunia perhotelan di Danau Toba, terkhusus Kota Wisata Parapat.

Sejak dua tahun dilakukan pembatasan kegiatan masyarakat untuk merayakan Lebaran, kini geliat wisata kembali meningkat.

Okupansi atau tingkat hunian hotel di Kota Wisata Parapat mengalami peningkatan drastis. Bahkan menyentuh 99 persen, berdasarkan data yang disampaikan beberapa humas hotel.

Humas Hotel Grand Tamaro, Doli Butarbutar menyampaikan pesanan menginap di tempatnya bahkan mengalami peningkatan 99 persen pada hari ini, Jumat (6/5/2022) sore.

“Okupansi 90-99 persen. Tren positif sampai malam ini. Tapi kemungkinan besok sudah turun okupansi. Alai binereng ma sogot (Tapi kita lihatlah besok). Soalnya untuk reservasi besok masih di bawah 30 persen,” ujar Doli kepada Tribun Medan, Jumat (6/5/2022).

Baca juga: EKS Bomber Sriwijaya FC Dirumorkan Merapat ke PSMS Medan

Baca juga: Iqlima Kim Kian Terpojok, Hotman Paris Sudah Kumpulkan Bukti-bukti Kuat, Siap Lapor ke Polisi

Doli masih optimis reservasi hotel tetap meningkat hingga akhir pekan. Sebab sebagian masyarakat masih memanfaatkan waktu liburnya sebelum kembali bekerja seperti biasa pada Senin (9/5/2022) lusa.

“Mudah-mudahan besok sudah naik lagi,” kata Doli.

Hal yang sama juga disampaikan Marketing Communication Hotel Khas Parapat. Hotel berbintang empat yang dahulu bernama Hotel Inna Parapat ini melaporkan okupansi hotel di atas 90 persen.

“Occupancy Rate kita 90 persen. Itu data dalam seminggu ini. Untuk tamu yang stay di hotel, kita tetap menerapkan protokol kesehatan,” ujar Rayanti.

Sementara itu, Kepala Dinas Pariwisata dan Kebudayaan Kabupaten Simalungun Fikri Damanik menyampaikan secara pantauan masyarakat terlihat memanfaatkan waktunya untuk menginap di hotel yang ada di Parapat. Namun untuk detail data okupansi hotel baru akan diterima pada hari kerja, Senin (9/5/2022).

Halaman
12
Sumber: Tribun Medan
  • Ikuti kami di
    KOMENTAR

    BERITA TERKINI

    Tribun JualBeli
    © 2022 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
    All Right Reserved