Breaking News:

Berita Deliserdang

Pemkab Deliserdang Klaim Jumlah Kehadiran ASN Capai 97,07 Persen

Pemkab Deliserdang mengklaim kehadiran jumlah ASN nya mencapai 97,07 persen. Kepala BKPSDM sebut tidak ada ASN kerja dari rumah

Penulis: Indra Gunawan | Editor: Array A Argus
TRIBUN MEDAN/INDRA
Pegawai Dinas Komunikasi, Informatika, Statistik dan Persandian (Kominfostan) Pemkab Deliserdang menggelar apel di pagi hari usai libur lebaran Senin, (9/5/2022). 

TRIBUN-MEDAN.COM,DELISERDANG- Tingkat kehadiran Aparatur Sipil Negara (ASN) di lingkungan Pemkab Deliserdang mencapai 97,07 persen pada saat hari pertama masuk kerja pascalibur lebaran, Senin (9/2/2022).

Kehadiran ASN ini dipantau langsung oleh Badan Kepegawaian dan Pengembangan Sumber Daya Manusia (BKPSDM) Pemkab Deliserdang.

"Kehadiran ASN seluruhnya mencapai 97.07 persen. Ramai itu karena datang semua pada umumnya. Hanya yang memang lagi cuti dan memang lagi sakit saja yang tidak datang,"ucap Kepala BKPSDM Deliserdang, Abduh Razali Siregar 

Baca juga: Gubernur Edy Rahmayadi Bilang ASN Pemprov Sumut Belum Perlu WFH Karena Hal Ini

Sebelumnya Kementerian Dalam Negeri sudah menerbitkan Surat Edaran (SE) Nomor 440/2420/SJ tanggal 8 Mei 2022 tentang Penyesuaian Sistem Kerja Aparatur Sipil Negara (ASN).

Dalam edaran tersebut diperbolehkan kalau ASN bekerja dari rumah atau (working from home/WFH) dan 50 persen melaksanakan tugas kedinasan dari kantor (working from office/WFO). Terkait hal ini Abduh pun menjelaskan Pemkab tidak memberlakukannya. 

"Itukan anjuran dari Pemerintah Pusat. Sifatnya hanya anjuran tapi tergantung kebijkan Pemerintah Daerah masing-masing. Kalau kita tetap bekerja sebagaimana mestinya," kata Abduh. 

Baca juga: Wali Kota Binjai Minta ASN Tingkatkan PAD dari PBB saat Apel Perdana Libur Lebaran

Ia menyebut kasus Covid di Deliserdang juga saat ini sedang zero. Meski ada ASN yang sebagian melakukan mudik sebelumnya namun kasus-kasus di Kabupaten Kota lain juga tidak jauh berbeda sehingga layak untuk bekerja dari kantor.

"Sekitar Deliserdang masih tetap nol (kasus) ya semoga bisa terus kita pertahankan,"kata Abduh. 

Hari pertama masuk kantor ASN yang bertugas di lingkungan Pemkab Deliserdang melakukan apel di kantornya masing-masing.

Sebelum masa pandemi apel biasanya dilakukan di lapangan kantor Bupati.

Kegiatan saling maaf memafaatkan dan bersalaman dilakukan usai Pimpinan OPD selesai menyampaikan arahan. 

Baca juga: Soal WFH ASN Pemrov Sumut Usai Lebaran, Begini Penjelasan BKD

Di Dinas Komunikasi, Informatika, Statistik dan Persandian (Kominfostan) yang memimpin apel tampak Kepala Dinasnya langsung, Miska Gewa Sari.

Kepada seluruh staf baik yang ASN dan honorer ia pun mengucapkan selamat hari raya Idul Fitri 1 syawal 1443 Hijriah dan minal aidin wal faizin, mohon maaf lahir batin.

"Semoga lebaran tahun ini menjadi Idul Fitri yang memberi arti, makna, hikmah bagi kita semua, untuk menjadi insan-insan lebih baik dari sebelumnya.

"Tentu saja, secara pribadi dan kedinasan, banyak hal yang kurang berkenan, dan menggores hati. Karenanya di hari yang fitri masih di bulan Syawal ini, mari kita bermaaf-maafan, mari saling berbesar hati untuk menerima dan memberi maaf kepada kita semua," kata Miska. 

Di kesempatan itu pula, Kadis meyakini kehadiran seluruh ASN dan non ASN di Dinas KominfoStan. Ia bersyukur karena semua bisa hadir.

Baca juga: ASN Pemko Medan Tetap Masuk Kerja Pekan Depan, Belum Ada Keluarkan Kebijakan WFH

Walaupun demikian ia meminta agar tidak ada yang meninggalkan kantor sebelum waktunya pulang. 

"Daftar hadir kita hari ini akan dijemput BKPSDM untuk pelaksanaan tugas hari pertama. Kita semua masih dalam suasana suka ria dilebaran ini, mungkin ada yang ingin bersilaturahmi satu dengan lainnya. Namun, hingga Zuhur (istirahat siang) nanti, jangan sampai meninggalkan kantor.

Karena BKPSDM sering melakukan inspeksi mendadak (sidak), untuk memastikan apakah daftar hadir yg kita kirim itu orangnya sudah hadir? Karena sering, orangnya belum hadir, tapi di daftar hadir ada namanya. Namun saya, hari ini percaya diri sekali dengan kehadiran kita semua," tegas Kadis. (dra/tribun-medan.com).

Sumber: Tribun Medan
  • Ikuti kami di
    KOMENTAR

    BERITA TERKINI

    © 2023 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
    All Right Reserved