Unjuk Rasa

UNJUK RASA di Depan Kantor Kejari Dairi terkait Dugaan Korupsi Bantuan Operasinal PAUD Rp 5,4 Miliar

Massa aksi dalam orasinya menyampaikan beberapa hal terkait dugaan korupsi BOP dana PAUD anggaran tahun 2020-2021, dengan dana sebesar Rp 5,4 Miliar.

TRIBUN MEDAN/ALVI SUWITRA
Massa aksi unjuk rasa di depan Kantor Kejari terkait dugaan korupsi dana PAUD sebanyak Rp 5,4 Miliar, Kamis(19/5/2022). 

TRIBUN-MEDAN.com, SIDIKALANG - Massa aksi yang mengatasnamakan Aliansi Pemerhati Penggunaan Anggaran Negara (AP2N) menggelar aksi unjuk rasa di depan Kantor Kejari Dairi, Jalan Sisingamangaraja, Kecamatan Sidikalang, Kabupaten Dairi, Kamis (19/5/2022).

Massa aksi dalam orasinya menyampaikan beberapa hal terkait dugaan korupsi BOP dana PAUD anggaran tahun 2020-2021, dengan dana sebesar Rp 5,4 Miliar.

Kordinator aksi, Senang Berampu menyampaikan pihaknya mendesak Kejari Dairi mengusut tuntas dugaan korupsi Bantuan Operasional Pendidikan (BOP) dana PAUD Kabupaten Dairi YA 2020-2021 sebesar Rp 5,4 milliar, sudah setengah tahun jalan di tempat.

"Kami Mempertanyakan mengapa selama kurun waktu setengah tahun penanganan kasus dugaan korupsi dana PAUD, masih sebatas Pulbaket (Pengumpulan bahan dan keterangan)," ujarnya.

Lanjut Senang, dugaan korupsi BOP dana PAUD melibatkan bunda PAUD Istri dari Bupati Dairi sampai hari ini tidak ada perkembangan penyelidikan oleh Kejari Dairi.

Selanjutnya meminta kepastian hukum hasil penyelidikan dugaan korupsi dana hibah PAUD, bahwa bunda PAUD sudah 3 kali dipanggil Kejari tetapi tidak pernah hadir.

"Dalam aksi yang ketiga ini, bilamana Kejari Dairi tidak terbuka atau menanggapi tuntutan kami, maka AP2N akan menempuh jalur yang lebih tinggi, yakni Kejaksaan Tinggi Sumut, Kejaksaan Agung RI, Komisi Pembatasan Korupsi dan Komisi III DPR RI," sebutnya.

Menanggapi aksi massa dari AP2N, Chandra mengatakan, pihaknya sudah meminta keterangan dari Dinas Pendidikan, BPKAD dan penerima BOP dana PAUD langsung.

Termasuk pula memintai keterangan di lapangan.

"Hasil gelar internal tentang penyaluran BOP dana PAUD, uang langsung masuk ke rekening masing-masing penerima dan dipergunakan sesuai peruntukannya," kata Chandra.

(cr7/tribun-medan.com)

Sumber: Tribun Medan
  • Ikuti kami di
    KOMENTAR

    BERITA TERKINI

    © 2022 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
    All Right Reserved