Tempat Wisata di Sumut

SERUNYA Berkunjung ke Taman Eden 100, Wisatawan Diajak Jelajahi dan Cicipi Buah Andaliman

Untuk menuju ke ladang Andaliman, wisatawan dapat menyusuri jalan setapak dengan pemandangan alam yang indah. 

Penulis: Kartika Sari | Editor: Ayu Prasandi
TRIBUN MEDN/KARTIKA
Wisatawan saat berada di Taman Eden 100 

TRIBUN-MEDAN.com, TOBA - Pesona Taman Eden 100 bak menjadi primadona setiap berwisata ke Kabupaten Toba. 

Terletak di Jalan di Desa Lumban Rang Sionggang Utara, Kecamatan Lumban Julu, Kabupaten Toba, wisata Taman Eden 100 menawarkan beragam keindahan alam, diantaranya saat menjelajahi ke ladang Andaliman, lada khas Batak, julukannya.

Untuk menuju ke ladang Andaliman, wisatawan dapat menyusuri jalan setapak dengan pemandangan alam yang indah. 

Baca juga: WISATA Taman Eden 100, Sensasi Petik dan Cicipi Buah Andaliman Langsung dari Pohon

Saat memasuki ladang Andaliman, para wisatawan dapat memiliki pengalaman melihat langsung rempah-rempah yang jadi primadona Sumut untuk dapat diekspor ke mancanegara. 

"Disini kita tanam tanaman khas Toba, salah satunya Andaliman yang berkaitan dengan rempah. Tadinya hanya sebatas bumbu dapur oleh perempuan sehingga harganya tidak tinggi karena hanya di dapur. Tahun 2017 kita mulai berpikir tanaman ini punya potensi," ujar Marandus.

Di Taman Eden 100 ini, wisatawan akan diedukasi untuk melihat bentuk Andaliman ketika masih tumbuh di pohon. 

Daud Nainggolan selaku pemandu di Taman Eden 100 turut menjelaskan mengenai tingkat kematangan Andaliman yang berkisar antara 2-3 minggu hingga akhirnya dapat dipanen.

"Di satu pohon ini ada Andaliman yang masih muda, setengah matang atau yang sudah matang. Nah yang siap panen itu yang warna merah. Dan Andaliman yang sudah masak itu harus cepat dipanen kalau tidak akan rusak buahnya," tutur Daud.

Tak hanya itu, Daud juga memperbolehkan para wisatawan untuk merasakan buah Andaliman yang langsung dipetik dari pohon.

Diantaranya ada Indah, pengunjung asal Medan ini begitu terkejut saat merasakan buah Andaliman matang yang langsung dipetik dari pohonnya.

Baca juga: VIRAL DUGAAN PUNGLI Di Tempat Wisata, Warga Net Pertanyakan Pemkab Setempat

"Rasanya bergetir tapi punya sensasi yang beda ya. Tapi kalau dijadikan olahan masakan ini enak banget," kata Indah.

Selain menjelajahi ladang Andaliman, wisatawan juga dapat membawa oleh-oleh olahan khas Andaliman seperti sambal, keripik, sabun mandi, maupun bandrek dengan harga cukup terjangkau.

Sementara itu, tak hanya wisata Andaliman, wisatawan juga dapat menikmati sejuknya air terjun yang cocok untuk bermain air dan juga berswafoto bersama teman, pasangan, ataupun keluarga.

Keindahan alam yang ditawarkan di Taman Eden 100 ini tak akan pernah membuat bosan mata para wisatawan yang diajak untuk sekedar melepas penat atau mengenal alam lebih dekat lagi.

"Taman ini bagi kami bahwa manusia, tanaman, hewan Hidup rukun yang kita ambil dari kita suci Muslim dan Kristen, itu sama yaitu tempat nabi Adam dahulu itu yang kita tirukan. Artinya kehidupan yang harmonis antara manusia dan alam," ucap Marandus.

(cr13/tribun-medan.com) 

Sumber: Tribun Medan
  • Ikuti kami di
    KOMENTAR

    BERITA TERKINI

    © 2022 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
    All Right Reserved