Breaking News:

Apa Itu Kista di Otak? Kenali Gejalanya, Ini Penyebab dan Cara Mengobatinya!

Dilansir dari Kompas.com dijelaskan jika seorang dokter yang sedang melakukan penelitian menemukan ada penyakit kista yang bersarang di bagian otak ki

Penulis: Dina purnama | Editor: Liska Rahayu
freepik
Foto ilustrasi. 

TRIBUN-MEDAN.com - Dilansir dari Kompas.com dijelaskan jika seorang dokter yang sedang melakukan penelitian menemukan ada penyakit kista yang bersarang di bagian otak kiri seorang wanita, atau kista Arachnoid.

Usai melakukan prosedur chiropractis, sebuah metode terapi yang berfokus pada pengkoreksian tulang belakang, otot dan persendian, diduga kista tersebut sudah berada di sana selama bertahun-tahun.

Beberapa gejala yang menyerang diantaranya adalah pusing, linglung dan pandangan buram selama tiga bulan.

Gejala ini dimulai tepat setelah menjalani 'cervical spine manipulation' di chiropractic, sebuah prosedur chiropractic umum yang digunakan untuk menangani nyeri leher dan punggung.

Kemudian wanita tersebut memeriksakan diri ke rumah sakit dan melakukan CT scan pada otaknya yang menunjukkan adanya kista besar di bagian depan otak kirinya.

Secara spesifik, dokter menyebut wanita tersebut memiliki kista arachnoid, sebuah 'kantung' berisi cairan cerebrospinal di salah satu membran yang menutupi otak dan saraf tulang belakang.

Kebanyakan kista arachnoid tidak berubah ukuran dan pengobatan tidak diperlukan jika tidak ada gejala.

Namun karena wanita ini telah mengalaminya, disarankan untuk menjalani pembedahan untuk membuka kista agar cairannya keluar, sehingga gejalanya bisa hilang.

Baca juga: PECAH Tangis Ruben Onsu, Ternyata Ada Kista di Batang Otak Sarwendah hingga Harus Dioperasi

Namun sang dokter mengatakan jika tujuannya bukan untuk mengkritisi prosedur tersebut, tetapi untuk mengidentifikasi kemumgkinan komplikasi yang tak terduga sehingga pasien dapat memahami risiko dan manfaat dari praktek tersebut, memungkinkan mereka untuk membuat keputusan yang lebih tepat dalam pilihan pengobatan.

Penyebab Umum Kista

Penyebab kista Kista bisa muncul di mana pun pada bagian tubuh manusia. Kerap kali kista terjadi karena infeksi, kelenjar subaceous yang tersumbat atau karena tindikan.

Halaman
12
Sumber: Tribun Medan
  • Ikuti kami di
    KOMENTAR

    BERITA TERKINI

    © 2022 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
    All Right Reserved