Breaking News:

Tirtanadi Siapkan Program Terkait Lingkungan Hidup

Dengan adanya sumur resapan, Tirtanadi optimistis bahwa gerakan ini dapat menjaga kualitas dan kuantitas air baku.

Penulis: Husna Fadilla Tarigan | Editor: Eti Wahyuni
Tribun Medan/HO
Dirut PDAM Tirtanadi bersama staf melakukan penanaman bibit pohon, satu pohon seribu kehidupan, Jumat (17/6). Tirtanadi memproyeksikan beberapa program terkait lingkungan hidup dan pencemaran lingkungan di Kota Medan. 

TRIBUN-MEDAN.com, MEDAN- Tirtanadi memproyeksikan beberapa program terkait lingkungan hidup dan pencemaran lingkungan di Kota Medan.

Program tersebut diawali dengan membuat sumur resapan. Dengan adanya sumur resapan, Tirtanadi optimistis bahwa gerakan ini dapat menjaga kualitas dan kuantitas air baku.

Selain itu, Tirtanadi juga berencana melakukan aksi hemat energi yang dilakukan dengan cara mengganti sumber tenaga listrik menjadi tenaga surya. Rencana ini diperuntukkan bagi instalasi PDAM Tirtanadi di Sumatera Utara.
Pengubahan energi listrik menjadi energi surya bertujuan mengurangi emisi gas rumah kaca dan efesiensi penggunaan energi.

Prospek ke depannya perubahan penggunaan tenaga listrik ini dapat menjadi teladan bagi instansi lainnya untuk peduli akan pemanasan global yang terjadi saat ini.

Baca juga: Perumda Tirtanadi Menerima Kunjungan Pemerintah Kabupaten Nias Barat

Layanan Lumpur Tinja Terjadwal (L2T2) juga menjadi target Tirtanadi untuk mengurangi pencemaran E-coli.
Escherichia coli atau sering disebut dengan nama E-coli adalah sejenis bakteri yang umum ditemukan di dalam usus manusia.

Namun, jika tidak ditangani dengan benar E-coli yang terdapat di septic tank atau tangki septik pemukiman warga dapat mencemari permukaan air tanah. Sehingga perlu dilakukan penyedotan dengan prosedur yang tepat.
Sementara itu Tirtanadi sudah menjalankan program reboisasi di hulu sumber air yang ada di Sibolangit.

Kabir Bedi, selaku Direktur Utama PDAM Tirtanadi mengatakan, pihaknya berharap ke depan Tirtanadi dapat terus berupaya, berbenah, agar setiap kegiatan dan aktivitas memperhatikan lingkungan.

 

Sumber: Tribun Medan
  • Ikuti kami di
    KOMENTAR

    BERITA TERKINI

    © 2022 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
    All Right Reserved