Breaking News:

Pemkab Dairi

Program Semesta Pemkab Dairi Targetkan Kehadiran Wisatawan Meningkat

pala Dinas Pariwisata Kabupaten Dairi Rahmat Syah Munthe menyebut, ada beberapa langkah awal yang akan dilakukan guna mendatangkan wisatawan

Penulis: Alvi Syahrin Najib Suwitra | Editor: Satia
TRIBUN MEDAN/ALVI
Kepala Dinas Pariwisata, Kebudayaan, Pemuda dan Olahraga Kabupaten Dairi Rahmat Syah Munthe. 

TRIBUN-MEDAN.COM, SIDIKALANG - Kepala Dinas Pariwisata, Kebudayaan, Pemuda dan Olahraga Kabupaten Dairi Rahmat Syah Munthe menyebut, ada beberapa langkah awal yang akan dilakukan guna mendatangkan wisatawan. Satu di antaranya, yakni dengan cara mengundang penulis untuk menceritakan keindahan alam di Kabupaten Dairi.

"Tujuan kita untuk membuat para wisatawan yang membaca tulisan itu untuk penasaran dengan keindahan alam di Kabupaten Dairi ini," ujarnya, kepada Tribun Medan, Selasa (7/6/2022).

Selain itu, Rahmat Syah juga mengungkapkan, beberapa kegiatan kebudayaan juga akan ditampilkan dengan mengundang para wisatawan agar hadir dalam berbagai pagelaran festival yang akan diselenggarakan pada akhir tahun ini.

Lanjut Rahmat Syah, selama kedatangan wisatawan tersebut, tidak hanya berpatokan dalam 1 kegiatan saja.

Pihak Pemkab berencana akan membuat beberapa pemandu yang akan mendampingi wisatawan selama berada di Kabupaten Dairi.

"Kita ingin membuat seperti pemandu wisata, sehingga wisatawan itu tidak hanya menyaksikan festival Njuah - Njuah saja. Nanti akan dibawa keliling seperti Taman Wisata Rohani (TWI), ke tempat perkebunan jeruk," ungkapnya.

Terkait anggaran, mantan Kadis Kominfo Dairi ini, menuturkan bahwa tidak ada dana yang baru dalam program Semesta Dairi Memanggil.

Pasalnya, kegiatan serupa sudah pernah dilakukan pada tahun sebelumnya, hanya saja Pemerintah Provinsi Sumatera Utara, sebagai panitia utama.

"Kegiatan ini sudah pernah kita lakukan tahun sebelumnya. Seperti tarian Pakpak misalnya. Namun hanya ditampilkan di Pekan Raya Sumut (PRSU) aja. Enggak keluar sampai mancanegara sana," terangnya.

"Jadi kali ini pak bupati berencana agar kesenian dan keindahan alam di Dairi ini bisa keluar sampai ke Jakarta, ke luar negeri sana. Kemungkinan perbedaan dengan tahun - tahun sebelumnya hanya tahun ini kita mencari sponsor saja untuk mendukung program tersebut," tegasnya.

Dirinya berharap program tersebut dapat menjadi perputaran ekonomi di Kabupaten Dairi serta meningkatkan pendapatan bagi masyarakat.

"Kita mau menciptakan pasar. Jadi kita mau pemerintah pusat memperhatikan kabupaten mana yang produktif, sehingga masuk investasi sehingga terjadi perputaran ekonomi ini. Selain itu kita ingin masyarakat yang datang ke Dairi ini tidak hanya sekedar singgah. Tetapi juga menetap selama beberapa hari sehingga pendapatan seperti rumah makan, penginapan itu bertambah," tandasnya.

(Cr7/Tribun-Medan.com


 
 

Sumber: Tribun Medan
  • Ikuti kami di
    KOMENTAR

    BERITA TERKINI

    © 2022 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
    All Right Reserved