Idul Adha 1443 H

Jelang Idul Adha, Polres Dairi dan Dinas Peternakan Sidak Peternakan, Pastikan Bebas Virus PMK

Polres Dairi melakukan pengecekan terhadap hewan yang akan dikurbankan pada Hari Raya Idul Adha esok hari, Minggu (10/7/2022).

HO
Polres Dairi bersama Dinas Peternakan Kabupaten Dairi memantau hewan ternak yang akan dikurbankan pada esok hari, Minggu (10/7/2022). 

TRIBUN-MEDAN.com, SIDIKALANG - Polres Dairi melakukan pengecekan terhadap hewan yang akan dikurbankan pada Hari Raya Idul Adha esok hari, Minggu (10/7/2022).

Kegiatan itu dipimpin langsung oleh Kasatreskrim Polres Dairi AKP Rismanto J Purba bersama dengan Dinas Peternakan dan Pertanian Kabupaten Dairi.

"Kami melakukan pemantauan bersama dokter hewan, ibu Citra Cibro staf dari Dinas pertanian dan Peternakan Dairi telah melaksanakan pantauan serta monitoring terhadap hewan Sapi dan Kambing yang akan dikurbankan pada peringatan Hari raya Idul Adha besok," ujar Rismanto, Sabtu (9/7/2022).

Kegiatan ini bertujuan untuk mengecek terhadap kondisi hewan yang akan dikurbankan di masa Penyakit Mulut dan Kuku (PMK).

"Adapun pemantauan serta monitoring ini dilakukan agar hewan tersebut terhindar dari virus PMK, sehingga masyarakat tidak merasa cemas atau waswas terhadap hewan yang akan dikurban kan," terangnya.

Kegiatan ini dilakukan di setiap Masjid yang ada di Kabupaten Dairi untuk memastikan hewan yang akan disemebelih dalam kondisi sehat.

Adapun hasil dari monitoring tersebut, dipastikan hewan kurban dalam kondisi sehat.

Selain itu, hewan seperti lembu dan kambing, dipastikan merupakan hewan lokal dan bukan dari luar daerah.

"Hingga saat ini, hewan yang akan di kurbankan dalam keadaan sehat dan terhindar dari Virus PMK. Selain itu, para hewan ini belum ada hewan kurban yang datang dari luar Kabupaten Dairi, alias lokal," tandasnya.

(cr7/tribun-medan.com)

 

  • Ikuti kami di
    KOMENTAR

    BERITA TERKINI

    © 2022 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
    All Right Reserved