Berita Samosir

Pelebaran Jalan di Simpang Gonting Dihambat Komisi B DPRD Sumut, Warga Samosir Marah dan Demo

Jika pembangunan Simpang Gonting dihentikan karena surat DPRD Sumatera Utara, ribuan masyarakat Samosir akan mendatangi Kantor DPRD Sumatera Utara.

Penulis: Arjuna Bakkara | Editor: Tommy Simatupang
TRIBUN MEDAN / ARJUNA BAKKARA
Warga Samosir berunjuk rasa menuntut agar pekerjaan pelebaran jalan dan pembuatan rest area tetap dilanjutkan di Gonting, Desa Turpuk Limbong, Kecamatan Harian, Kabupaten Samosir. 

TRIBUN-MEDAN.com, SAMOSIR - Joko Hermanto bersama Muhammad Syahrijah, Aidil Hamdi, dan satu lagi marga Hutauruk dari Dinas Binamarga Provinsi Sumut turun melakukan peninjauan pekerjaan pelebaran jalan dan pembuatan rest area di Gonting, Desa Turpuk Limbong, Kecamatan Harian, Kabupaten Samosir, Jumat, (8/7/2022).

Pada saat kunjungan itu, mereka bertemu langsung dengan Kepala Desa Turpuk Limbong dan beberapa orang masyarakat Kecamatan Harian pengelola Kios di Jalan Gonting dan berbagai elemen masyarakat Samosir.

"Saya ditunjuk untuk turun ke lapangan, berdasarkan surat permohonan PUTR Kabupaten Samosir yang didasarkan oleh permohonan masyarakat setempat, khususnya jalan Gonting-Janji Raja," kata Joko Hermanto.

Lebih lanjut Hermanto menjelaskan tujuan kedatanganya bersama rekanya dari dinas Bina Marga Sumatera Utara untuk melakukan peninjauan lapangan secara teknis.

"Tujuan kami kemari, sebelum menerbitkan permohonan dari PUTR Kabupaten Samosir, bahwasanya untuk pelebaran ini, untuk akses pariwisata, dengan yang dikhususkan untuk rest area. Jadi kami, dari atasan saya kepala bidang dan kepala dinas, menyetujui dengan adanya pelebaran ini. Kami kemari tujuanya sambil membuat surat persetujuan pelebaran ini. Kami mau peninjauan lapangan dulu secara teknis," jelasnya.

Ketika ditanya, bisakah pekerjaan itu sambil berjalan sekalian pengurusan kelengkapan administrasinya, ia mengatakan dinasnya akan mengusahakanya.

"Karena ini kan juga untuk kepentingan masyarakat luas. Bersyukur dengan adanya pelebaran ini.
Kami akan meninjau beberapa titik, untuk kelancaran akses pariwisata, yang kata bapak kepala desa, begitu musim liburan macetnya luar biasa."

Sesaat sebelum kedatangan Dinas Bina Marga Provinsi Sumatera Utara, masyarakat Kabupaten Samosir dari berbagai elemen datang ke jalan Gonting, berunjuk rasa untuk mempertanyakan kenapa pembangunan Jalan Gonting dihentikan.

Masyarakat Samosir beranggapan bahwa penghentian pekerjaan di Simpang Gonting tidak berdasar.

Sebab semua tudingan saat Rapat Dengar Pendapat di Dewan Perwakilan Rakyat Sumatera Utara lalu, sudah dijawab oleh pihak-pihak berkompeten.

Halaman
12
Sumber: Tribun Medan
  • Ikuti kami di
    KOMENTAR

    BERITA TERKINI

    Tribun JualBeli
    © 2022 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
    All Right Reserved