Berita Langkat

600 Dosis Vaksin PMK Disiapkan Pemkab Langkat, Masing-masing Desa Terima 100 Dosis

Sapi milik peternak di Kabupaten Langkat disuntik vaksin Penyakit Mulut dan Kuku (PMK), Jumat (15/7/2022).

HO
Sapi milik peternak di Kabupaten Langkat, disuntik vaksin Penyakit Mulut dan Kuku (PMK), Jumat (15/7/2022). 

TRIBUN-MEDAN.com, LANGKAT - 600 dosis vaksin disiapkan Pemerintah Kabupaten (Pemkab) Langkat untuk diberikan kepada peternak sapi agar terhindar dari Penyakit Mulut dan Kuku (PMK).

Dari jumlah tersebut, sebanyak enam desa/kelurahan akan diberikan masing-masing 100 dosis vaksin PMK kepada peternak sapi.

Adapun ke enam desa/kelurahan tersebut ialah, Kelurahan Hinai kiri, Desa Suka mulia, Desa Teluk, Desa Karang Gading, Desa Secanggang, dan Desa Telagah Jernih.

"Masing-masing desa nantinya akan memvaksin lembu sebanyak 100 dosis. Jenis vaksin Altopor, dengan total yang akan di vaksin sebanyak 600 dosis," ujar Kepala Bidang (Kabid), Kesehatan Hewan Provinsi Sumatera Utara, drh Tesra, didampingi Kadis pertanian dan Ketahanan Pangan Kabupaten Langkat Hendrik Tarigan, Jumat (15/7/2022).

Tesra menjelaskan bahwa, penyebaran vaksin perdana PMK dilakukan secara serentak di kabupaten/kota dengan melakukan pemetaan disetiap wilayah dengan tingkat populasi sapi terbanyak.

"Vaksin PMK diberikan kepada sapi yang masih sehat dan belum terkena virus PMK", sebut Tesra.

Lebih lanjut dijelaskannya, sapi yang sudah terkena virus PMK maka sudah terbentuk antibodi di dalam tubuhnya.

Adapun stok vaksin yang sudah di terima sebanyak 11.600 dosis yang akan di sebar di 28 kabupaten/kota.

"Jrumlah hewan yang berada di Provinsi Sumut sebanyak 2,5 juta yang terdiri dari sapi, kerbau,kambing,domba dan babi," ujar Tesra.

Sementara itu, sapi dan kerbau yg terkena virus PMK sebanyak kurang lebih 14.952 ekor. Jumlah sapi dan kerbau yg sembuh sebanyak 10.140 ekor, dan dalam masa penyembuhan 4.754 ekor.

(cr23/tribun-medan.com)

 

Sumber: Tribun Medan
  • Ikuti kami di
    KOMENTAR

    BERITA TERKINI

    © 2022 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
    All Right Reserved