Breaking News:

Status Dua Wali Kota di Sumut

Status Dua Wali Kota di Sumut Mengambang, Gubernur: Enggak Usah Buru-buru

Jabatan dua Wali Kota di Sumatera Utara belum jelas hingga saat ini. Adapun kedua Wali Kota itu yakni Siantar dan Tanjungbalai

Penulis: Rechtin Hani Ritonga | Editor: Array A Argus
TRIBUN MEDAN/RECHTIN HANI RITONGA
Gubernur Sumatera Utara, Edy Rahmayadi saat diwawancarai di kantor Gubernur Sumut, Senin (18/7/2022). 

TRIBUN-MEDAN.COM, MEDAN - Pemerintah Provinsi (Pemprov) Sumatera Utara sudah menerima Surat Keputusan (SK) pendefinitifan Plt Wali Kota Siantar, Susanti Dewayani menjadi Wali Kota Pematangsiantar dan pendefenitifan SK Plt Wali Kota Tanjungbalai, Waris Tholib, menjadi Wali Kota Tanjungbalai.

Namun, Gubernur Sumatera Utara Edy Rahmayadi mengaku belum melihat SK tersebut. Edy pun belum menjadwalkan pelantikan untuk dua kepala daerah tersebut. 

"Saya belum dapat itu (SK) nya. Belum tau (kapan dilantik) mungkin dalam proses lah. Tak usah juga buru-buru dilantik," ujar Edy saat diwawancarai di kantor Gubernur Sumut, Senin (18/7/2022). 

Seperti diketahui, SK tersebut telah diterima oleh Biro Pemerintahan dan Otonomi Daerah Setdaprov Sumut, dari Kementerian Dalam Negeri (Kemendagri) yang ditandatangani Mendagri, Tito Karnavian. 

"Sudah keluar SK-nya dari Mendagri, Tanjungbalai dan Siantar, sudah kita terima SK-nya," kata Kepala Biro Pemerintahan dan Otonomi Daerah Setdaprov Sumut, Zubaidi, belum lama ini. 

Zubaidi mengatakan, Kemendagri pertama mengeluarkan SK milik Waris Tholib. Selang beberapa hari kemudian, disusul SK milik Susanti.

Atas hal itu, Zubaidi mengaku sudah melaporkan kedua SK kepala daerah tersebut, kepada Gubernur Sumatera Utara, Edy Rahyamadi.

"Sudah laporkan juga kepada pak Gubernur terkait SK tersebut, hanya saja saat ini kan jadwal Gubernur sangat padat jadi kita tunggu ya," tambah Zubaidi.

Sementara itu,  Kepala Biro Administrasi Pimpinan Setdaprov Sumut, Basarin Yunus Tanjung, mengatakan bila SK itu, sudah terbit. Maka biasanya pelantikan segera dilakukan.

"Ini (pelantikan) sedang kita proses ke pak Gubernur, biasanya seperti itu, begitu SK sudah diterima beliau, tak lama lagi langsung beliau melantik," kata Basarin.

Untuk diketahui, baik Waris maupun Susanti saat ini masih menjabat sebagai wakil wali kota hasil Pilkada serentak 2020.

Keduanya menjadi Plt Wali Kota karena wali kota masing-masing berhalangan tetap.(cr14/tribun-medan.com) 

Sumber: Tribun Medan
  • Ikuti kami di
    KOMENTAR

    BERITA TERKINI

    © 2023 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
    All Right Reserved