Karhutla di Danau Toba

Menteri Sandiaga Uno Singgung Soal Kebakaran Hutan di Taput yang Tewaskan Satu Warga

Menteri Pariwisata dan Ekonomi Kreatif (Menparekraf) Sandiaga Uno turut menyinggung tentang kebakaran hutan dan lahan (karhutla) di kawasan Danau Toba

Penulis: Maurits Pardosi | Editor: Tommy Simatupang
TRIBUN MEDAN/ANGEL AGINTA SEMBIRING
Menteri Pariwisata dan Ekonomi Kreatif (Menparekraf) Sandiaga Uno saat diwawancarai awak media ketika hadir dalam opening ceremony W20 yang diselenggarakan di Hotel Niagara, Parapat, Kabupaten Simalungun, Selasa (19/7/2022). / ANGEL AGINTA/TRIBUN-MEDAN 

TRIBUN-MEDAN.com, TAPUT - Kebakaran hutan terjadi di Desa Sitanggor, Kecamatan Muara, Kabupaten Tapanuli Utara pada Sabtu (16/7/2022) dan mengakibatkan seorang warga meninggal dunia.

Seorang korban meninggal dunia atas nama Natal Simaremare (50) ditemukan dalam keadaan gosong.

Menurut keterangan saksi yang dihimpun dari kepolisian, korban meninggal saat berada di dalam kobaran api saat para warga berupaya memadamkan api yang kian membara.

Saat itu, para saksi atas nama Natal Ompusunggu bersama Polin Rajagukguk (33), Lintong Aritonang (65), dan David Parlindungan Ompusunggu alias Amani Arta (32), sedang menaiki areal perbukitan untuk upaya pemadaman api.

"Pada Sabtu (16/7/2022) terjadi kebakaran hutan di Desa Sitanggor, Kecamatan Muara, Kabupaten Tapanuli Utara. Pada saat terjadinya di Desa Sitanggor, warga sekitar berupaya padamkan api," ujar Kasi Humas Polres Taput Aiptu Walpon Baringbing, Selasa (19/7/2022).

"Dari warga sekitar ada 3 orang yang mencoba menaiki gunung agar mereka memadamkan api karena sumber api dari atas gunung," sambungnya.

Pada saat berupaya padamkan api, korban NS ternyata terjatuh dan akhirnya terbakar oleh kobaran api.

"Setibanya di atas gunung, seorang yang berinisial NS terjatuh dan kena api. Apinya sudah membesar di bawah. Ketika dia terjatuh, kedua temannya berusaha menolong, tapi mereka tidak berani karena api semakin membesar sehingga mereka tinggalkan temannya itu dan keluar dari lokasi tersebut," terangnya.

"Setibanya di kampung, mereka beritahukan kejadian tersebut. Mereka ajak warga sekitar untuk menolong temannya yang terbakar tersebut," ujarnya.

Api masih terus membara dan masyarakat sekitar memberitahu kepada pihak perangkat desa, polisi dan TNI.

Halaman
1234
Sumber: Tribun Medan
  • Ikuti kami di
    KOMENTAR

    BERITA TERKINI

    © 2022 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
    All Right Reserved