Breaking News:

Pemkab Dairi

Bupati Dairi Eddy Berutu Fokuskan Program Agri Unggul Guna Kembalikan Kejayaan Kopi Sidikalang

Keunggulan Kopi Sidikalang sudah tersohor ke seluruh dunia, yang membuat harganya di tingkat dunia selalu tinggi.

Penulis: Alvi Syahrin Najib Suwitra | Editor: Satia
TRIBUN MEDAN/ALVI
Bupati Dairi, Eddy Keleng Ate Berutu saat mengunjungi penangkaran tanaman hidroponik di Kampus Politeknik Pembangunan Pertanian (Polbangtan) Medan, Selasa (26/7/2022).   

TRIBUN-MEDAN. COM, SIDIKALANG - Bupati Dairi Eddy Keleng Ate Berutu memfokuskan pengembangan program Agri Unggul.

Hal ini dijelaskannya, saat menjadi pemateri dalam kuliah umum Kampus Politeknik Pembangunan Pertanian (Polbangtan) Medan, Selasa (26/7/2022).

"Keunggulan Kopi Sidikalang sudah tersohor ke seluruh dunia, yang membuat harganya di tingkat dunia selalu tinggi. Dari data yang diperoleh, kopi arabika bertumbuh dimana dimana tahun 2021 produksinya mencapai 13.025,97 ton," ucapnya di hadapan mahasiswa Polbangtan.

Ia mengatakan, Pemkab Dairi juga ingin mengembalikan kejayaan Kopi Sidikalang.

"Kami komit untuk mengembalikan kejayaan Kopi Sidikalang dengan menanam kopi yang baru di lahan seluas 5 ribu hektar. Sudah tertanam di beberapa lokasi, untuk tahun 2022 akan kami lakukan penanaman 2 juta batang kopi yang baru," Tambahnya.

Eddy Berutu juga mengungkapkan, nilai tambah ekonomi masyarakat Dairi berasala dari pertanian dimana sekitar 60 persen masyarakat Dairi adalah petani.

Adapun misi yang dijalankan oleh Pemerintah  Kabupaten Dairi adalah mewujdkan Dairi Unggul yang mensejahterakan masyarakat dalam harmoni keberagaman.

Program lainnya di katakan Bupati adalah menghadirkan KUR Klaster khususnya untuk kopi dan jagung.

Hadirnya KUR klaster untuk membantu permasalah yang di hadapi para petani seperti mendapatkan bibit yang bagus, kepastian modal serta kepastian pupuk.

KUR Klaster ini diutarakan Eddy Berutu telah berjalan untuk beberapa daerah di Dairi dan disambut dengan baik oleh para petani.

Halaman
12
Sumber: Tribun Medan
  • Ikuti kami di
    KOMENTAR

    BERITA TERKINI

    © 2022 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
    All Right Reserved