Tingkatkan Kualitas Pemeriksaan Keimigrasian Kepala Kantor Imigrasi Medan Launching Aplikasi SIAPI

Kakanimsus Medan, Johanes Fanny Satria C.A. meresmikan peluncuran aplikasi inovasi SIAPI yang diinisiasi oleh Sefta Adrianus Tarigan (27/07/2022).

Editor: Ismail
Dok. Imigrasi Medan
Kepala Kantor Imigrasi Kelas I Khusus TPI Medan, Johanes Fanny Satria C.A. meresmikan peluncuran aplikasi inovasi SIAPI yang diinisiasi oleh Sefta Adrianus Tarigan selaku Kepala Seksi Pemeriksaan IV Tempat Pemeriksaan Imigrasi Kulanamu di Ruang Pertemuan Hotel Horison Sky Kualanamu pada Rabu, (27/07/2022). 

TRIBUN-MEDAN.COM, MEDAN - Kepala Kantor Imigrasi Kelas I Khusus TPI Medan, Johanes Fanny Satria C.A. meresmikan peluncuran aplikasi inovasi SIAPI yang diinisiasi oleh Sefta Adrianus Tarigan selaku Kepala Seksi Pemeriksaan IV Tempat Pemeriksaan Imigrasi Kulanamu di Ruang Pertemuan Hotel Horison Sky Kualanamu pada Rabu, (27/07/2022).

“Adapun penerapan aplikasi SIAPI di Bandara Internasional Kualanamu adalah sebagai perwujudan penguatan tugas dan fungsi keimigrasian di Tempat Pemeriksaan Imigrasi Kualanamu,” ujar Fanny

Fanny menerangkan, SIAPI merupakan singkatan dari Sistem Informasi Analisis Penumpang Internasional, yang mana nantinya setiap operator maskapai penerbangan memasukkan manifest penumpang yang tiba maupun berangkat dari dan ke Bandara Kuanalamu Internasional 1×24 jam sebelum keberangkatan atau kedatangan kedalam SIAPI.

Kemudian Petugas Imigrasi akan melakukan analisis terhadap manifest tersebut sehingga diharapkan ketika ada penumpang yang diduga memiliki dokumen perjalanan yang tidak valid atau memiliki tujuan yang diluar ketentuan dapat dilakukan tindakan pada kesempatan pertama.

“Penggunaan Sistem Informasi Analisis Penumpang Internasional (SIAPI) pada Tempat Pemeriksaan Imigrasi Kualanamu diharapkan mampu meningkatkan kualitas pemeriksaan keimigrasian dengan pemanfaatan data awal penumpang sebagai layer tambahan proses pemeriksaan keimigrasian” terangnya.

Acara peluncuran aplikasi SIAPI ini dihadiri oleh perwakilan dari masing-masing maskapai penerbangan yang memiliki rute penerbangan Internasional. Disamping itu juga kegiatan ini diikuti oleh Pelaksana tugas Kepala Bidang TPI, Ika Setiawan serta Kepala Bidang Teknologi Informasi dan Komunikasi Keimigrasian, Adithia Perdana.

Pada akhir acara Kepala Seksi Pemeriksaan IV, Sefta Adrianus Tarigan memberikan pemaparan teknis penggunaan aplikasi SIAPI kepada masing-masing operator maskapai dan memberikan akses ke aplikasi SIAPI.

“Kami menargetkan aplikasi SIAPI ini berjalan mulai tanggal 1 Agustus 2022. Jadi mulai hari ini masing-masing operator maskapai sudah mulai bisa mengakses aplikasi SIAPI. Hal yang paling penting adalah aplikasi SIAPI ini membutuhkan sinergitas dan komitmen dari pihak Imigrasi dan Maskapai Penerbangan Internasional secara berkelanjutan dan konsisten agar pemanfaatan SIAPI di lingkungan Bandara Internasional Kualanamu berjalan sesuai dengan yang diharapkan.” ujar Sefta Adrianus Tarigan.

Selain meresmikan peluncuran aplikasi SIAPI, Kepala Kantor Imigrasi Medan juga berkesempatan bersilahturahmi kepada para stakeholder Bandara Kualanamu. Hal ini bertujuan agar terciptanya sinergitas yang baik dari setiap stakeholder yang ada di Bandara Internasional Kualanamu.

  • Ikuti kami di
    KOMENTAR

    BERITA TERKINI

    © 2022 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
    All Right Reserved