Breaking News:

Sosok Letkol Inf Paulus Pandjaitan

PUTRA KEBANGGAAN Luhut Pandjaitan Dipercayakan Jadi Asisten Penasehat Militer (Aspenmil) di Amerika

Letkol Inf Paulus Pandjaitan akan naik pangkat menjadi Kolonel dan dipercayakan menjadi Asisten Penasehat Militer (Aspenmil).

Editor: Abdi Tumanggor
ISTIMEWA
SERTIJAB: Letkol Inf Paulus Pandjaitan memberikan tongkat komando Komandan Batalyon (Danyon) 32 Kopassus kepada Mayor Inf Doni Fransisco. Serah terima jabatan (sertijab) berlangsung di Lapangan Alfred Tarega Grup 3 Kopassus, Cijantung, Jakarta Timur, Selasa (2/8/2022). 

TRIBUN-MEDAN.COM - Putra kebanggaan Luhut Binsar Pandjaitan (LBP) Letkol Inf Paulus Pandjaitan menterahkan tongkat komando Komandan Batalyon (Danyon) 32 Kopassus kepada Mayor Inf Doni Fransisco.

Dengan penyerahan tongkat komando ini, maka, Mayor Inf Doni Fransisco otomastis naik pangkat menjadi Letkol.

Sedangkan, Letkol Inf Paulus Pandjaitan akan naik pangkat menjadi Kolonel dan dipercayakan menjadi Asisten Penasehat Militer (Aspenmil) Perwakilan Tetap Republik Indonesia untuk PBB di Amerika Serikat. 

Paulus Pandjaitan merupakan lulusan Sekolah Staf dan Komando Angkatan Darat di US Army Commanding General and Staff College di Fort Leavenworth, Kansas, Amerika Serikat, pada 14 Juni 2019.

Dalam Surat Keputusan Panglima TNI nomor 700/XII/2022 per Agustus 2022, Letkol Inf Paulus Pandjaitan resmi menyerahkan tongkat kepemimpinan kepada Mayor Inf Doni Fransisco pada Batalyon 32 Grup 3 Kopassus.

Serah terima jabatan (sertijab) berlangsung di Lapangan Alfred Tarega Grup 3 Kopassus, Cijantung, Jakarta Timur, Selasa (2/8/2022).

“Baru saja telah kita menyaksikan prosesi serah terima jabatan Komandan Batalyon 32 Grup 3 Kopassus. Dengan demikian, tugas, wewenang dan tanggung jawab lama, secara resmi telah beralih kepada pejabat yang baru,” ujar Komandan Grup 3 Kopassus Kolonel Inf Donny Pramono dalam keterangan tertulisnya.

SERTIJAB: Letkol Inf Paulus Pandjaitan memberikan tongkat komando Komandan Batalyon (Danyon) 32 Kopassus kepada Mayor Inf Doni Fransisco. Serah terima jabatan (sertijab) berlangsung di Lapangan Alfred Tarega Grup 3 Kopassus, Cijantung, Jakarta Timur, Selasa (2/8/2022).
SERTIJAB: Letkol Inf Paulus Pandjaitan memberikan tongkat komando Komandan Batalyon (Danyon) 32 Kopassus kepada Mayor Inf Doni Fransisco. Serah terima jabatan (sertijab) berlangsung di Lapangan Alfred Tarega Grup 3 Kopassus, Cijantung, Jakarta Timur, Selasa (2/8/2022). (ISTIMEWA)

Letkol Paulus Pandjaitan dianggap sudah banyak memberikan kontribusi selama memimpin Batalyon 32 Grup 3 Kopassus. Misalnya, dia membangun fasilitas sporthall dan garasi batalyon 32, pembangunan gazebo dan kebun apsanuma dan pembangunan desk lingstra batalyon 32.

Prestasi lain Letkol Paulus Pandjaitan adalah berhasil membawa pasukannya juara 1 lomba menembak grup 3 kopassus, juara 2 tennis meja danjen kopassus cup 2022 dan juara 1 lomba inovasi Binsat TNI AD Atletics Open Danjen Kopassus Cup.

Tak sampai di situ, Letkol Paulus Pandjaitan juga dianggap sebagai pemimpin humanis, dekat dengan prajurit. Dalam hal sosial, Letkol Paulus Pandjaitan dikenal sebagai sosok yang dekat dengan masyarakat.  Itu terlihat ketika menyalurkan pemberian tunjungan hari raya (THR) kepada yatim piatu.

Kolonel Inf Donny Pramono yakin pengganti Paulus dapat melaksanakan tugas dan tanggung jawab sebaik-baiknya serta mampu mewujudkan kinerja yang semakin berkualitas demi keberhasilan pelaksanaan tugas pokok Grup 3 Kopassus dalam rangka mendukung tugas pokok Kopassus. Bahwa Batalyon 32 dengan Sesanti “Apta Sandi Prayudha Utama” yang memiliki makna Kesatuan kedua dari Grup 3 Kopassus yang berisikan para prajurit Sandi Yudha yang manpu memberikan informasi yang tepat tentang musuh kepada satuan sebelum perang dimulai.

SERTIJAB: Letkol Inf Paulus Pandjaitan memberikan tongkat komando Komandan Batalyon (Danyon) 32 Kopassus kepada Mayor Inf Doni Fransisco. Serah terima jabatan berlangsung di Lapangan Alfred Tarega Grup 3 Kopassus, Cijantung, Jakarta Timur, Selasa (2/8/2022).
SERTIJAB: Letkol Inf Paulus Pandjaitan memberikan tongkat komando Komandan Batalyon (Danyon) 32 Kopassus kepada Mayor Inf Doni Fransisco. Serah terima jabatan berlangsung di Lapangan Alfred Tarega Grup 3 Kopassus, Cijantung, Jakarta Timur, Selasa (2/8/2022). (ISTIMEWA)

Miliki Integritas dan Dedikasi Tinggi

Untuk mewujudkan sesanti tersebut, menurutnya, bukanlah sesuatu yang mudah, sehingga harus selalu belajar dan berlatih dengan sungguh-sungguh untuk memelihara dan meningkatkan kemampuan perorangan maupun kolompok. “Oleh karenanya prajurit Sandi Yudha sudah semestinya diawaki oleh personel-personel yang dewasa dalam berpikir, bertindak, serta memiliki tingkat intelegensia tinggi, yang selalu cepat tanggap dalam menghadapi dinamika situasi yang terus berkembang,” paparnya.

Untuk mendukung proses tersebut, Donny menegaskan, diperlukan kemampuan kepemimpinan dan manajerial perwira yang memiliki integritas dan dedikasi yang dilandasi dengan semangat, tulus dan ikhlas sehingga dapat menjalankan peran dan fungsinya dalam meningkatkan kualitas pembinaan satuan.

Halaman
123
Sumber: Tribun Medan
  • Ikuti kami di
    KOMENTAR

    BERITA TERKINI

    © 2023 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
    All Right Reserved