Pakpak Bharat

SEMARAK HUT Ke-77 RI, Mahasiswa KKN Unimed Kibarkan Bendera Merah Putih di Puncak Delleng Simpon

Delleng Simpon (Gunung Simpon) merupakan titik puncak gunung tertinggi (di atas 1.800 mdpl) di Kabupaten Pakpak Bharat, Sumatera Utara.

Editor: Abdi Tumanggor
Diskominfo Pakpak Bharat
Mahasiswa KKN UNIMED 2022 kibarkan bendera merah putih di puncak tertinggi Gunung Simpon (Delleng Simpon) di Kabupaten Pakpak Bharat, Sumatera Utara, Rabu (17/8/2022) untuk menyemarakkan HUT ke-77 Kemerdekaan RI. 

SEMARAK HUT Ke-77 RI, Mahasiswa KKN Unimed Kibarkan Bendera Merah Putih di Puncak Delleng Simpon (Gunung Simpon).

TRIBUN-MEDAN.COM - Sejumlah Mahasiswa Kuliah Kerja Nyata (KKN) Universitas Negeri Medan (UNIMED) di Desa Ulumerah, Kecamatan Sitellu Tali Urang Julu, Kabupaten Pakpak Bharat, Sumatera Utara, mengibarkan bendera merah putih di puncak tertinggi Deleng (Gunung) Simpon, Rabu (17/8/2022).

Delleng Simpon (Gunung Simpon) merupakan titik puncak gunung tertinggi (di atas 1.800 mdpl) di Kabupaten Pakpak Bharat, Sumatera Utara.

Kegiatan ini mereka lakukan sebagai bentuk euforia memperingati Hari Ulang Tahun ke-77 Kemerdekaan Republik Indonesia.

Rahmad Hidayat Nasution yang merupakan ketua kelompok KKN UNIMED di Desa Ulumerah, menggerakkan teman-temannya untuk mencoba hal baru mendaki puncak gunung tertinggi Delleng Simpon di Kabupaten Pakpak Bharat sekaligus mengibarkan Sang Merah Putih sebagai bentuk kecintaan terhadap Tanah Air sekaligus bentuk kecintaan mereka bagi bumi Pakpak Bharat di mana mereka mengabdikan diri sebagai Mahasiswa KKN.

Kesejukan di Puncak Delleng (Gunung) Simpon
Kesejukan di Delleng (Gunung) Simpon.

Gunung Simpon atau biasa disebut Delleng Simpon oleh masyarakat Pakpak Bharat merupakan salah satu puncak gunung tertinggi di Sumatera Utara yang berada di perbatasan Kabupaten Pakpak Bharat dengan Kabupaten Humbang Hasundutan.

Jika di bagian wilayah Pakpak Barat, maka lokasi gunung ini tepatnya di Desa Ulumerah, Kecamatan Sitellu Tali Urang Julu, dengan jarak sekitar 19 kilometer dari kota Salak dan 10 kilometer dari perkumiman penduduk Desa Ulumerah.

Panorama indah di atas puncak gunung ini telah lama menjadi pesona dan menawarkan tantangan tersendiri bagi para pecinta alam dan peminat olah raga mendaki gunung.

"Kegiatan ini merupakan bentuk semangat kami dalam merayakan HUT ke-77 RI, dan juga sebagai upaya pengenalan potensi pariwisata lokal Kabupaten Pakpak Bharat, terkhusus Desa Ulumerah karena kami di tempatkan di Desa ini dalam Kuliah Kerja Nyata (KKN) Reguler Unimed,"ujar Rahmad Hidayat Nasution.

Mahasiswa Unimed Kibarkan Bendera di Gunung Simpon Pakpak
Mahasiswa KKN UNIMED 2022 kibarkan bendera merah putih di puncak tertinggi Gunung Simpon (Delleng Simpon) di Kabupaten Pakpak Bharat, Sumatera Utara, Rabu (17/8/2022) untuk menyemarakkan HUT ke-77 Kemerdekaan RI.(diskominfo Pakpak Bharat)

Menurut Rahmad Hidayat Nasution, selama ini masyarakat terkhusus di Sumatera Utara hanya mengenal beberapa gunung, seperti gunung Sibayak atau Sibuatan.

Halaman
12
Sumber: Tribun Medan
  • Ikuti kami di
    KOMENTAR

    BERITA TERKINI

    © 2022 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
    All Right Reserved