Pemkab Sergai

Launching Inovasi JIP, Wabup Sergai Adlin Minta Tingkatkan Layanan Kesehatan Kepada Masyarakat

Bupati Serdang Bedagai yang diwakili Wakil Bupati Adlin Tambunan mengatakan, inovasi yang dilakukan dinas kesehatan ini sangat baik.

Editor: Satia
Dok. Pemkab Serdangbedagai
Inovasi layanan dibidang kesehatan yakni Jemputan Ikhlas Persalinan (JIP) Plus di launching, di UPT Puskesmas Tanjung Beringin, Kamis (1/9/2022). 

TRIBUN-MEDAN.COM, SERGAI - Berbagai program dan inovasi dalam meningkatkan layanan kepada Masyarakat terus dilakukan Pemerintah Kabupaten Serdang Bedagai di bawah komando Bupati Darma Wijaya dan Wakil Bupati Adlin Tambunan.

Kali ini, inovasi layanan dibidang kesehatan yakni Jemputan Ikhlas Persalinan (JIP) Plus di launching, di UPT Puskesmas Tanjung Beringin, Kamis (1/9/2022).

Bupati Serdang Bedagai yang diwakili Wakil Bupati Adlin Tambunan mengatakan, inovasi yang dilakukan dinas kesehatan ini sangat baik.

"Saya sangat mengapresiasi Dinas Kesehatan yang telah merancang dan melaksanakan inovasi ini. Saya juga berterimakasih kepada tenaga kesehatan yang sudah bekerja maksimal dalam penanganan Covid19 khususnya di Kabupaten Serdang Bedagai," ungkapnya.

Ia juga meminta, agar layanan kesehatan terus ditingkatkan sehingga semakin banyak masyarakat yang berobat ke pusat layanan kesehatan masyarakat (Puskesmas) Tanjung Beringin ini.

"Bagi masyarakat saya minta dapat mempersiapkan segala urusannya sebelum melakukan persalinan, termasuk jaminan yang dibutuhkan. Selain itu juga mari kita bersama memanfaatkan layanan kesehatan yang ada di setiap Puskesmas di Kabupaten Serdang Bedagai," tambahnya.

Adlin Tambunan juga mengingatkan kepada ASN dan pelayanan kesehatan agar tidak melakukan kutipan apapun dalam memberikan layanan kepada masyarakat.

"Saya tidak mau program ini hanya launching saja, tapi harus berjalan. Dan ingat, jangan ada kutipan yang dilakukan dalam penjemputan persalinan atau pengantarannya. Selain itu saya harap Puskesmas Tanjung Beringin ini akan mampu BLUD pada tahun ini, " tandasnya.

Sementara itu, Ketua TP PKK Kabupaten Serdang Bedagai Rosmaida Darma Wijaya menambahkan agar masyarakat khususnya orang tua untuk menjaga imunisasi anak.

"Jangan abaikan, karna imunisasi itu penting. Masalah kesehatan ini bukan perkara sehat secara jasmani, namun juga untuk rohani. Selain itu, kekerasan fisik kepada anak juga harus diminimalisir, " tambahnya.

Sebelumnya, Kepala Dinas Kesehatan Kabupaten Serdang Bedagai Selamet Hartono mengatakan program layanan Jemputan Ikhlas Persalinan ini sebagai salah satu langkah menekan angka kematian pada ibu dan anak.

"Selain untuk menekan angka kematian ibu dan anak yang masih tinggi, launching ini juga bertujuan agar pemanfaatan Puskesmas oleh masyarakat lebih maksimal. Kami sepakat seluruh Puskesmas akan menjemput ibu yang akan melahirkan dan diantar ke rumah. Serta diberikan akte lahir dan masuk kedalam KK. Ini salah satu peningkatan layanan kepada masyarakat," lapornya.

Lebih lanjut, Sekretaris MUI Tanjung Beringin Sofyanto menyampaikan terimakasih kepada Pemerintah karena sudah memberikan layanan prima khususnya di bidang kesehatan kepada masyarakat.

Turut hadir Ketua GOPTKI Zetara Adlin Tambunan, Ketua DWP Uke Retno Faisal Hasrimy, Camat Tanjung Beringin Elmiati, seluruh kepala UPT Puskesmas dan para tamu undangan.

Sumber: Tribun Medan
  • Ikuti kami di
    KOMENTAR

    BERITA TERKINI

    © 2022 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
    All Right Reserved