Fitur Baru WhatsApp

WHATSAPP Mulai Terobosan Menjadi SuperApp, Kini Sudah Bisa Dipakai Belanja Bahan Makanan

Ambisi WhatsApp untuk menjadi "superapp" kian nyata. Di India, WhatsApp kini tidak hanya bisa digunakan untuk bertukar pesan saja.

dok. Meta
Tampilan halaman belanja online JioMart di dalam aplikasi WhatsApp. 

TRIBUN-MEDAN.com - Ambisi WhatsApp untuk menjadi "superapp" kian nyata. Di India, WhatsApp kini tidak hanya bisa digunakan untuk bertukar pesan saja.

Langkah WhatsApp bertransformasi menjadi superapp tersebut sudah dimulai di India, negara dengan pengguna WhatsApp terbanyak di dunia.

Dengan menjadi superapps, WhatsApp dapat menyediakan banyak layanan secara langsung di dalam aplikasi. Seperti menambahkan layanan belanja bahan makanan, misalnya.

Baca juga: MENILIK Spesifikasi Vivo V25e, Bisa Berubah Warna saat Terkena Cahaya Matahari

Dalam sebuah unggahan di situs resmi, Meta (induk WhatsApp) resmi mengumumkan bahwa pengguna WhatsApp di India dapat mulai berbelanja online secara langsung di dalam aplikasi WhatsApp.

Dalam menghadirkan pengalaman belanja online, WhatsApp tidak benar-benar membuat marketplace sendiri seperti dilansir dari Kompas, Minggu (4/9/2022).

WhatsApp bekerja sama dengan JioMart, sebuah platform belanja online yang telah hadir di 200 lebih kota besar dan kecil di seluruh India.

JioMart menawarkan pengalaman belanja online untuk kebutuhan bahan makanan dan pakaian sehari-hari.

Untuk saat ini, integrasi WhatsApp-JioMart hanya menawarkan pengalaman belanja online untuk bahan makanan saja. Tak menutup kemungkinan, ke depannya, pilihan belanja bakal ditambah.

Pesan dan bayar langsung di dalam aplikasi WhatsApp

Dalam sebuah video demo yang diunggah Meta, pengguna WhatsApp di India bisa belanja bahan makanan dengan mudah, yakni dengan mengirim pesan "Hi" ke nomor WhatsApp Business "JioMart Shop".

Baca juga: XIAOMI Rilis Pembaruan MIUI 13.1, Berikut Daftar HP yang Kebagian Update

Nantinya, chat bot bakal mengarahkan pengguna untuk berbelanja. Misalnya, pengguna bakal disajikan katalog berisi daftar bahan makanan yang bisa dibeli.

 

 

Katalog itu bakal menampilkan gambar bahan makanan, harga asli, harga promo (bila ada).

Pengguna tinggal klik ikon "+" untuk menambahkan bahan makanan ke keranjang belanja. 

Tampilan antarmuka ketika memilih produk bahan makanan di WhatsApp ini mirip seperti ketika berbelanja melalui superapps macam Gojek dan Grab yang ada di Indonesia.

Halaman
12
Sumber: Kompas.com
  • Ikuti kami di
    KOMENTAR

    BERITA TERKINI

    © 2022 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
    All Right Reserved