Breaking News:

Dairi Memilih

KPU Dairi Lakukan Pemutahiran Data Pemilih Berkelanjutan, Jumlah Sementara Data Pemilih 207.370 Jiwa

KPU Dairi saat ini tengah melakukan pemutahiran pemilih berkelanjutan Pemilu 2024.

Tribun Medan/Tommy
Komisioner KPU Dairi, Hartono Maha saat ditemui di Kantor KPU, Kamis (7/12/2017). 

TRIBUN-MEDAN.com, DAIRI - KPU Dairi saat ini tengah melakukan Pemutakhiran Data Pemilih Berkelanjutan Pemilu 2024.

Data pemilih tersebut akan disingkronkan dengan Daftar Penduduk Potensial Pemilih Pemilihan (DP4) yang diturunkan Menteri Dalam Negeri (Mendagri) melalui KPU RI.

"Kemudian akan dimutahirkan oleh petugas ad hoc yang kita sebut sebagai petugas pemutahiran data pemilih (PPDP) yang kemudian pemilih tersebut yang nantinya akan mencoblos dalam pemilu dan pilkada tahun 2024, " ujar Koordinator Divisi Data KPU Dairi, Hartono Maha kepada Tribun Medan, Senin (5/9/2022).

Baca juga: Proses Verifikasi Administrasi Usai, KPU Toba Klarifikasi Sepuluh Parpol Terindikasi Mencatut Nama

Dikatakannya, pihaknya tengah berkoordinasi dengan Dinas Kependudukan Catatan dan Sipil (Disdukcapil) Kabupaten Dairi untuk mendapat data pemilih baru yang berumur 17 tahun dan sudah memiliki KTP elektronik, pemilih yang meninggal.

Lalu pemilih pindah domisili dari Kabupaten Dairi ke kabupaten di luar Dairi yang kemudian pemilih tersebut dicoret dari daftar pemilih berkelanjutan.

Sebaliknya pemilih yang masuk atau pindah domisili ke Dairi akan dimasukkan ke dalam DPB sebagai pemilih baru.

"Selain itu, kami juga berkordinasi dengan unsur TNI dan Polri, untuk mendapat data anggota TNI atau Polri yang purna baktinya sudah berahkir, kemudian akan kita masukkan ke daftar pemilih DPB kita yg sedang berjalan saat ini, juga sebaliknya masyarakat yang tadinya warga sipil ini berubah setatus menjadi TNI dan Polri pemilih tersebut kita coret dari daftar pemilih berkelanjutan," ungkapnya.

Dalam pendataan DPB ini, KPU Dairi melakukan pemutahiran data pemilih setiap bulannya, dan melakukan rapat koordinasi dengan melibatkan, Disdukcapil Dairi, Bawaslu Dairi, TNI, Polri dan seluruh partai politik di Kabupaten Dairi.

Tujuannya agar data pemilih valid dan dapat dipercaya masyarakat.

Adapun hasil pemutahiran data pemilih berkelanjutan, saat ini yakni sebanyak 207.370 jiwa dengan rincian laki-laki sebanyak102.424 jiwa dan wanita 104.946 jiwa.

Halaman
12
Sumber: Tribun Medan
  • Ikuti kami di
    KOMENTAR

    BERITA TERKINI

    © 2022 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
    All Right Reserved