Breaking News:

Pemkab Dairi

Menjaga Kelestarian Danau Toba, Pemkab Dairi Sudah Bersihkan 216 Petak Keramba Jaring Apung

Pemerintah Kabupaten Dairi berkomitmen dalam menjaga kebersihan kawasan Danau Toba, khususnya di Kecamatan Silahisabungan.

Penulis: Alvi Syahrin Najib Suwitra | Editor: Satia
TRIBUN MEDAN/ALVI
Bupati Eddy Berutu usai menghadiri rapat koordinasi penyelamatan kawasan Danau Toba, di Gedung AH Nasution Makodam I/BB, Selasa (6/8/2022). 

TRIBUN-MEDAN.COM, DAIRI - Pemerintah Kabupaten Dairi berkomitmen dalam menjaga kebersihan kawasan Danau Toba, khususnya di Kecamatan Silahisabungan.

"Danau Toba yang berada di Silahisabungan tidak boleh tercemar. Kebersihan harus tetap dijaga," kata Bupati Eddy Berutu usai menghadiri rapat koordinasi penyelamatan kawasan Danau Toba di Gedung AH Nasution Makodam I/BB, Selasa (6/8/2022).

Dirinya pun meminta kepada elemen masyarakat khususnya pelaku wisata di Kawasan Silahisabungan Sabungan diminta untuk tetap menjaga kebersihan dan keindahan kawasan Danau Toba.

Bupati meyakini dengan menjaga Danau Toba selalu bersih dan tidak tercemar, maka wisatawan akan datang dalam jumlah banyak untuk melihat Danau Toba.

"Kami (Pemerintah) selalu memberikan himbauan agar masyarakat tetap menjaga kebersihan. Himbauan seperti juga dilakukan oleh dinas lingkungan hidup, pihak kecamatan. Kita harus punya komitmen tinggi untuk menjaganya," ujarnya.

Bupati memaparkan, pemerintah Dairi sudah melakukan berbagai upaya agar kawasan danau Toba terjaga termasuk dalam membersihkan keramba jaring apung yang bisa menimbulkan pencemaran air Danau Toba.

"Kami juga melakukan pembersihan Keramba Jaring Apung (KJA). Sampai bulan Juni 2022 sudah membersihkan 216 petak," ungkapnya.

Upaya lain untuk menjaga kawasan danau Toba yakni penyediaan sarana dan prasarana tempat pembuangan sampah di Bintang Hulu.

"Di Dairi sudah berdiri bangunan pengolahan sampah. Bangunan itu tinggal dipergunakan saja," katanya.

Bupati menambahkan kegiatan lain untuk menjaga kawasan Danau Toba yakni melakukan penanaman pohon dan mengeluarkan himbauan mencegah pembakaran hutan.

Halaman
12
Sumber: Tribun Medan
  • Ikuti kami di
    KOMENTAR

    BERITA TERKINI

    © 2022 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
    All Right Reserved