Pemkab Dairi

Komnas HAM Apresisasi Dairi Minim Laporan, Padahal Sumut Masuk Rangking Dua Banyak Pelanggaran

Komnas HAM berinisiatif dalam mendukung Kabupaten Dairi untuk bisa lebih mampu melayani dan melindungi masyarakat.

Penulis: Alvi Syahrin Najib Suwitra | Editor: Satia
TRIBUN MEDAN/ALVI
Pemerintah Kabupaten Dairi menerima kunjungan Komnas HAM RI yang diwakili oleh anggota Komisioner, Beka Ulung Hapsara, di Balai Budaya Sidikalang, Kamis (8/9/2022). 

TRIBUN-MEDAN.COM, SIDIKALANG - Pemerintah Kabupaten Dairi mendapat apresiasi dari Komnas HAM RI tentang minimnya laporan tentang pelanggaran Hak Asasi Manusia.

Hal itu disampaikan Beka Ulung Hapsara, selaku Koordinator Subkomisi Pemajuan HAM/Komisioner Pendidikan dan Penyuluhan saat berkunjung ke Balai Budaya Sidikalang, Kabupaten Dairi, Kamis (8/9/2022).

"Kami mengapresiasi inisiatif dan komitmen dari pak bupati, pak kapolres, dan pak dandim dimana dalam hal ini menjadi kabupaten yang ramah akan hak asasi manusia," ujarnya kepada Tribun Medan.

Dirinya menekankan, Komnas HAM berinisiatif dalam mendukung Kabupaten Dairi untuk bisa lebih mampu melayani dan melindungi masyarakat.

"Nantinya, kita sedang bekerja akan sesuai dengan konstitusi sehingga bisa menghormati dan memenuhi hak asasi manusia di Kabupaten Dairi," jelasnya.

Dirinya berharap, Kabupaten Dairi dapat memberikan kontribusi positif dalam dunia hak asasi manusia.

"Hal itu dibuktikan dengan minimnya aduan masyarakat terkait pelanggaran hak asasi manusia yang ada di Kabupaten Dairi ini," tutupnya.

Sebelumnya, dalam pemaparan bersama peserta, Beka mengatakan Provinsi Sumatera Utara menjadi provinsi terbanyak nomor 2 yang mengadukan pelanggaran hak asasi manusia.

Di mana, pelaporan pelanggaran hak asasi manusia terbanyak berasal dari DKI Jakarta.

Adapun bentuk laporan yang paling banyak diterima oleh Komnas HAM RI yakni terkait lamanya penanganan yang dilakukan oleh pihak kepolisian, dan di urutan kedua yakni pelaporan tentang permasalahan dibidang sektor tanah.

(Cr7/Tribun-Medan.com)

Ket : Beka Ulung Hapsara, selaku Koordinator Subkomisi Pemajuan HAM/Komisioner Pendidikan dan Penyuluhan saat melakukan sesi wawancara 

 
 
 
Attachments area
 
 
 

Sumber: Tribun Medan
  • Ikuti kami di
    KOMENTAR

    BERITA TERKINI

    © 2022 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
    All Right Reserved