Breaking News:

Berita Medan

Nekat Lakukan Parkir Berlapis, Siap-Siap Ban Kendaraan Anda Digembosi Hingga Diderek Petugas Dishub

Dishub Kota Medan akan menindak tegas kendaraan yang kedapatan parkir berlapis dan juga memantau keberadaan juru parkir liar.

Tribun Medan / HO
Dinas Perhubungan (Dishub) Kota Medan kembali menertibkan parkir liar di sejumlah ruas jalan di Kota Medan, Kamis (28/3/2019) pagi. Selain melakukan penilangan, Dishub juga melakukan pengembosan. Langkah tegas ini dilakukan untuk memberikan efek jera kepada pengemudi kenderaan bermotor, karena kedapatan parkir berlapis dan sembarangan sehingga menyebabkan terjadinya kemacetan arus lalu-lintas. 

TRIBUN-MEDAN.com. MEDAN - Dinas Perhubungan (Dishub) Kota Medan kini gencar melakukan pemantauan ke lapangan, setelah viralnya video Wali Kota Medan Bobby Nasution mendapati parkir kendaraan berlapis yang dijaga juru parkir liar di kawasan Jalan Dr Mansyur.

Kepala Bidang Parkir Dishub Kota Medan, Nikmal menyatakan bahwa untuk penertiban parkir berlapis ini memang sudah gencar dilakukan sejak beberapa bulan lalu. 

Hanya saja kali ini demi meminimalisir Jukir liar, maka pihaknya kembali mengerahkan beberapa timnya di sejumlah sudut Kota Medan.

Baca juga: Wali Kota Medan Mengamuk ke Preman Soal Parkir Berlapis, Dishub: Jukir Liar Itu

"Kalau untuk parkir berlapis ini dari sebelum pak Wali turun ke lapangan, sudah kita lakukan penertiban. Dan puncaknya pada saat di bulan Agustus lalu," katanya kepada Tribun Medan Rabu (14/9/2022).

Kata Nikmal, pada bulan Agustus lalu seluruh aktifitas sudah berjalan normal pascapandemi Covid-19

"Jadi seperti biasanya, sebelum pandemi Covid di beberapa lokasi di Kota Medan terdapat parkir berlapis karena tempat penjemputan anak sekolah dan hal lain sebagainya," jelasnya.

Menurut Nikmal, pihaknya pun sudah sangat sering melakukan penertiban arus lalu lintas agar tidak terjadi parkir berlapis.

"Kita sering lakukan penertiban tapi tetap dilakukan pengulangan," jelasnya.

Menurutnya parkir berlapis ini sering terjadi di tiga titik ruas jalan di Kota Medan pada hari jam kerja. 

"Parkir berlapis ini sering di Jalan S Parman, Jalan Thamrin, dan Perintis Kemerdekaan dan ini setiap hari selalu kita monitoring. Sebab di tiga titik tersebut biasanya karena tempat sekolah, tempat kerja dan lain-lain," katanya.

Tak jarang juga pihaknya memberi tindakan tegas kepada pemilik mobil yang melakukan parkir berlapis ini. 

"Pertama kita tegur langsung kalau emang ada pengendaranya di dalam mobil itu, kita tegur dan kita kasih imbauan," ucapnya.

Namun apabila tidak ada pemilik di dalam mobil tersebut maka, petugas Dishub Kota Medan aka melakukan pengembosan dan penderekan mobil. 

Nikmal juga menyatakan di seluruh jalan Kota Medan tidak diizinkan untuk melakukan parkir secara berlapis.

Baca juga: Parkir Berlapis yang Tutup Gang Kebakaran Bikin Resah Warga

"Untuk pihak sekolah ataupun universitas sudah sering kami surati larangan parkir berlapis dan ini akan kami  surati kembali secara tegas agar mereka (pihak sekolah) untuk tidak melakukan  parkir berlapis di depan perguruan mereka," jelasnya.

Nikmal pun meminta kepada seluruh pemilik kendaraan agar memiliki kesadaran penuh dalam memarkirkan kendaraannya tanpa melanggar peraturan.

"Jika hanya dari peran pemerintah atau kami saja yang bergerak parkir berlapis di Kota Medan ini akan terus ada," ucapnya.

(cr5/tribun-medan.com)

 
 
 

Sumber: Tribun Medan
  • Ikuti kami di
    KOMENTAR

    BERITA TERKINI

    © 2022 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
    All Right Reserved