Universitas MTU Laksanakan PKKMB

Universitas Mahkota Tricom Unggul menggelar kegiatan PKKMB untuk memperkenalkan sistem pembelajaran di perguruan tinggi sangat penting dilakukan.

Editor: Ismail
Dok. Universitas MTU
Rektor Universitas MTU Dr. Dompak Pasaribu SE, M.Si, CPA, CACP foto bersama dengan mahasiswa baru Universitas MTU pada pelaksanaan PKKMB di Kampus A Universitas MTU gedung Grand Jati Junction Lt. 25 Jalan Perintis Kemerdekaan Medan. 

TRIBUN-MEDAN.com, MEDAN - Kegiatan Pengenalan Kehidupan Kampus bagi Mahasiswa Baru (PKKMB) untuk memperkenalkan sistem pembelajaran di perguruan tinggi sangat penting dilakukan.

Demikian disampaikan Rektor Universitas Mahkota Tricom Unggul (MTU) Dr Dompak Pasaribu SE MSi CPA CACP pada pelaksanaan PKKMB di Kampus A Gedung Jati Junction Medan, pekan lalu.

Dijelaskannya, kegiatan PKKMB sangat penting dilakukan kepada mahasiswa baru untuk memperkenalkan fasilitas yang disediakan. Apalagi di kampus ini telah dilakukan secara digital seperti daftar hadir dengan melakukan sidik jari sebelum masuk ke ruang untuk mengikuti perkuliahan.

Begitu pula dalam pengisian kartu rencana studi (KRS) dan kartu hasil studi (KHS) dilakukan secara online sehingga mahasiswa dapat melakukan dimana saja dan tidak perlu datang ke kampus.

Dalam hal pembelajaran bentuk pendidikan di perguruan tinggi sudah pasti jauh berbeda pada waktu mereka masih di sekolah. Perkuliahan di sini mahasiswa diberi beberapa pilihan. Bisa secara online maupun offline.

Mahasiswa yang tidak dapat datang ke kampus masih dapat mengikuti perkuliahan secara hybrid learning dengan metode pembelajaran yang menggabungkan atau mengkombinasikan antara pembelajaran daring dengan pembelajaran tatap muka (PTM). Ini dilakukan untuk memudahkan mahasiswa, khusus yang telah bebekerja.

“Perkuliahan di sini telah menerapkan merdeka belajar kampus merdeka (MBKM),” katanya.

Banyak orang tidak dapat melanjutkan pendidikan karena alasan pekerjaan. Dengan menerapkan teknologi digital waktu dan jarak tidak lagi alasan untuk tidak kuliah. Mahasiswa yang kuliah di sini ada yang tinggal di Dumai, Jakarta dan beberapa daerah lainnya. Dengan bentuk perkuliahan dengan mengkombinasikan secara online dan offline tidak ada hambatan bagi mahasiswa yang telah bekerja untuk kuliah.

Sementara Ketua PembinaYayasan Mahkota Tricom, Dr Ir Martono Anggusti SH MMMHum menyebutkan pelaksanaan PKKMB sebagai bentuk pengenalan dunia kampus.

Melalui kegiatan ini mahasiswa dapat mengetahui para dosen, rektor, ketua prodi dan sebagainya. Martono juga mengingatkan kepada mahasiswa baru untuk dapat mengembangkan potensi diri, sehingga setelah tamat tidak hanya mendapatkan pekerjaan tapi juga bisa membuka lapangan kerja. Mahasiswa tidak saja diberikan pendidikan secara teori, tapi juga praktek dengan menghadiri para praktisi yang telah berkecimpung di bidangnya.

(*)

  • Ikuti kami di
    KOMENTAR

    BERITA TERKINI

    © 2022 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
    All Right Reserved