Breaking News:

Pemkab Dairi

Pemkab Dairi Berikan Pelatihan Pengelolaan Bisnis dan Manajemen Wirausaha Untuk Petenun Silalahi

Pelatihan tersebut menghadirkan narasumber, yakni Dr Cut Kamaril Wardani dari Cita Tenun Indonesia dan Mohammad Rianto Utama dari Retota Sakti.

Penulis: Alvi Syahrin Najib Suwitra | Editor: Satia
TRIBUN MEDAN/ALVI
Pemerintah Kabupaten Dairi melalui Dinas Perindustrian Perdagangan Koperasi dan UKM menggelar pelatihan pengelolaan bisnis dan manajemen wirausaha tenun kepada para petenun yang ada di Kecamatan Silahisabungan yang berlangsung mulai dari tanggal 19-24 September 2022, di Aula Hotel Martabe Silalahi, Jumat (23/9/2022). 

TRIBUN-MEDAN.COM, SILALAHI - Pemerintah Kabupaten Dairi melalui Dinas Perindustrian Perdagangan Koperasi dan UKM menggelar pelatihan pengelolaan bisnis dan manajemen wirausaha tenun kepada para petenun yang ada di Kecamatan Silahisabungan yang berlangsung mulai dari tanggal 19-24 September 2022, di Aula Hotel Martabe Silalahi, Jumat (23/9/2022).

Kegiatan pelatihan pengelolaan tersebut dikunjungi oleh Ketua Dekranasda Kabupaten Dairi, Romy Mariani Eddy Berutu untuk bertemu dengan 32 orang para petenun sekaligus memberikan semangat dan motivasi.

Pelatihan tersebut menghadirkan narasumber, yakni Dr Cut Kamaril Wardani dari Cita Tenun Indonesia dan Mohammad Rianto Utama dari Retota Sakti.

Romy Mariani mengatakan, pelatihan ini selain diberikan pengetahuan tentang pengelolaan bisnis dan manajemen wirausaha tenun, tentunya juga akan memberikan pengetahuan juga tentang pengenalan akan tenun Silalahi.

Selain itu, regenerasi dari para petenun ulos yang ada di Silalahi harus dilakukan sehingga tenun ulos yang sudah dikembangkan menjadi echo fashion tetap terjaga keberlangsungannya.

"Dekranasda Dairi saat ini sedang menyusun pembuatan buku ulos Silalahi. Hal itu untuk mengenalkan lebih dekat lagi ulos Silalahi kepada masyarakat Silalahi. Pemerintah bersama Dekranasda Kabupaten Dairi ingin melestarikan kebudayaan sekaligus meningkatkan kesejahteraan para pengarajin ulos Silalahi," ucap Romy Mariani yang didampingi oleh Kepala Bidang Perindustrian Deby Panjaitan.

Dalam pengelolaan bisnis bagi para petenun ulos dikatakan Romy Mariani bukanlah sesuatu hal yang mudah untuk diterapkan karena para petenun melakukan pekerjaan berdasarkan pesanan pelanggan.

Menurut pengakuan dari narasumber, peserta yang mengikuti pelatihan ini sangat bersemangat.

Oleh karena itu, dalam kesempatan tersebut, Romy Mariani sangat berharap agar ilmu yang diperoleh selama pelatihan dapat bermanfaat dan dapat diterapkan langsung sehingga mampu mengelola bisnis dan manajemen wirausaha tenun dengan baik.

(CR7/TRIBUN-MEDAN.COM)  

Ket : Pemkab Dairi Berikan Pelatihan Pengelolaan Bisnis dan Manajemen Wirausaha untuk Petenun Silalahi
 

 

Sumber: Tribun Medan
  • Ikuti kami di
    KOMENTAR

    BERITA TERKINI

    © 2022 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
    All Right Reserved