Gempa Taput

Akses Menuju Salib Kasih Siatas Barita Terputus, Material Tanah Timbun Jalanan Sepanjang 50 Meter

Akses menuju destinasi wisata Salib Kasih Siatas Baritas, Tapanuli Utara putus total setelah timbunan material tanah sepanjang 50 meter menutup jalan.

Tribun Medan/Maurits Pardosi
Akses menuju destinasi wisata Salib Kasih di Siatas Barita putus total. Timbunan tanah tutupi jalan sepanjang 50 meter pascagempa, Sabtu (1/10/2022).      

TRIBUN-MEDAN.com, TAPUT - Akses menuju destinasi wisata Salib Kasih Siatas Baritas, Tapanuli Utara putus total setelah timbunan material tanah sepanjang 50 meter menutup badan jalan.

Timbunan material tanah membuat badan jalan tak bisa dilalui pengendara yang hendak ke Salib Kasih maupun ke kawasan Pangaribuan, Kabupaten Tapanuli Utara.

Terlihat, sejumlah pengendara harus menunggu dan petugas masih berupaya memindahkan material tanah menggunakan alat berat agar jalan menuju Salib Kasih tersebut bisa dilalui.

Baca juga: Gempa 6,0 SR Guncang Taput, Gubernur Edy Rahmayadi Kirim Bantuan dan Tim Tanggap Bencana

Pengelola destinasi wisata Salib Kasih Siatas Barita Sahat Panggabean (33) mengungkapkan, akses jalan terputus dampak gempa bumi yang terjadi Sabtu (1/10/2022) sekira pukul 02.30 WIB.

"Jalanan tidak bisa dilalui. Putus total, ada sepanjang 50 meter jalanan ditimbun longsoran tanah," ujar Sahat Panggabean (33), Sabtu.

"Jalanan ini ke Salib Kasih dan alternatif menuju Desa Pangaribuan, Kabupaten Tapanuli Utara. Sejak tadi pagilah udah putus total," sambungnya.

Dua alat berat diturunkan untuk membersihkan material gundukan tanah setinggi 10 meter, namun belum bisa dipastikan nantinya bisa dilewati kendaraan atau tidak.

Baca juga: Gempa di Kabupaten Tapanuli Utara, Wagub Ijeck: Mohon Doa Untuk Saudara Kita di Sana

Kondisi ini membuat destinasi wisata Salib Kasih untuk sementara ditutup.

"Belum bisa kita pastikan. Memang sudah Dua alat berat yang diturunkan. Untuk semntara, destinasi wisata Salib Kasih kita tutup," ujarnya.

Putusnya akses jalan membuat pengedara terpaksa berbalik arah.

(cr3/tribun-medan.com)


 
 

  • Ikuti kami di
    KOMENTAR

    BERITA TERKINI

    © 2022 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
    All Right Reserved