Breaking News:

Gempa Taput

BMKG Mencatat 69 Kali Gempa Susulan Mengguncang Tapanuli Utara

Gempa Tektonik bermagnitudo 5.8 pada SR mengguncang Tapanuli Utara, dengan 6 gempa susulan yang dirasakan masyarakat, Sabtu (1/10/2022).

TRIBUN MEDAN/HO
Bagan Gempa Susulan Sebanyak 69 di Tapanuli Utara. 

TRIBUN-MEDAN.com, MEDAN - Gempa Tektonik bermagnitudo 5.8 pada SR mengguncang Tapanuli Utara, dengan 6 gempa susulan yang dirasakan masyarakat, Sabtu (1/10/2022).

Gempa yang terjadi sekitar pukul 02:28 WIB di wilayah Tapanuli Utara, dari hasil analisi BMKG gempa bumi nemiliki parameter magnitudo 5.8 episenter terletak di koordinat 2.11° LU dan 98.83 BT pada kedalaman 10 kilometer.

Gempa bumi yang terjadi merupakan jenis gempa bumi dangkal akibat adanya altivitas sesar besar Sumatera segmen renun. Berdampak dirasakan masyarakat Tapanuli Utara.

Baca juga: Inul Daratista Tulis Pesan untuk Lesti Kejora, Tak Lagi Respek ke Rizky Billar dan Unfollow Akun IG

Hingga pukul 04:05 WIB, gempa susulan tercatat sebanyak 24 kali dengan mangnitudo tertinggi 5.1 SR dan magnitudo terkecil 2.5 SR.

Dan hingga pukul 11:34 WIB, BKMG telah mencatat gempa susulan sebanyak 69 kali dengan 6 gempa yang dirasakan masyarakat tak berpotensi tsunami.

Baca juga: Berita Populer Hari Ini - Rizky Billar Dapat Penghargaan Gorgeous Dad, Pesan Terakhir Yosua ke Vera

Kepala BMKG, Darmawan mengingatkan kepada masyarakat diimbau agar tetap tenang dan tidak terpengaruh oleh isu yang tidak dapat dipertanggungjawabkan kebenarannya. Agar menghindari bangunan yang retak atau rusak diakibatkan oleh gempa.

"Kepada masyarakat agar tetap tenang dan tidak terpengaruh dengan isu yang tidak dapat dipertanggungjawabkan. Dan selalu waspada dengan menghindari bangunan yang rusak," Ucapnya.

(cr29/tribun-medan.com)

Sumber: Tribun Medan
  • Ikuti kami di
    KOMENTAR

    BERITA TERKINI

    © 2022 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
    All Right Reserved