Deliserdang Memilih

Minim Pelamar Perempuan, Bawaslu Deliserdang Perpanjang Pendaftaran Panwascam di 18 Kecamatan

Bawaslu Deliserdang mengumumkan perpanjangan batas waktu pendaftaran calon anggota Panwascam di 18 kecamatan yang ada di Deliserdang.

Penulis: Indra Gunawan | Editor: mustaqim indra jaya
Tribun Medan/Indra Gunawan
Para pelamar Panwascam mendatangi kantor Bawaslu Deliserdang beberapa waktu lalu.  

TRIBUN-MEDAN.com, DELISERDANG - Badan Pengawas Pemilu (Bawaslu) Kabupaten Deliserdang mengumumkan perpanjangan batas waktu pendaftaran calon anggota Panitia Pengawas Pemilu Kecamatan atau Panwascam.

Ada 18 kecamatan yang saat ini diperpanjang batas waktu pendaftaran Panwascam. Hal ini lantaran jumlah pelamar perempuan kurang dari 30 persen dari jumlah pelamar laki-laki. 

Informasi yang dihimpun 18 kecamatan yang diperpanjang masa pendaftaran Panwascam, yakni mulai dari Kecamatan Gunung Meriah, Kecamatan Tanjung Morawa, Kecamatan STM Hilir, Kecamatan Patumbak, Kecamatan Delitua, Kecamatan Namorambe, Kecamatan Kutalimbaru, Kecamatan Sibolangit, Kecamatan Pancurbatu.

Baca juga: Bawaslu Binjai Perpanjang Pendaftaran Calon Anggota Panwascam di Dua Kecamatan, Ini Alasannya

Lalu Kecamatan Galang, Kecamatan Pagarmerbau, Kecamatan Bangun Purba, Kecamatan Sunggal, Kecamatan Percut Sei Tuan, Kecamatan Beringin, Kecamatan Hamparan Perak dan Kecamatan Labuhan Deli. 

Ketua Pokja Penjaringan Anggota Panwaslu Kecamatan se-Kabupaten Deliserdang, Dr Aminuddin menyebut perpanjangan waktu pendaftaran ini selama satu minggu.

Penerimaan berkas mulai dari tanggal 2 sampai 8 Oktober 2022. Disebut pada saat pendaftaran pertama total ada 570 orang yang telah mendaftar. 

"Jadi keterwakilan perempuan harus 30 persen. Misalnya pendaftar pria ada 10 orang di kecamatan itu jadi minimal pendaftar perempuannya harus ada 3. Kalau tidak ya diperpanjang," kata Aminuddin, Sabtu (1/10/2022). 

Komisioner Bawaslu Deliserdang ini mengatakan, apabila sampai tanggal 8 Oktober 2022 nanti jumlah pendaftar perempuan kurang dari 30 persen, maka pendaftaran tetap akan ditutup.

Disebut tidak ada lagi perpanjangan waktu untuk selanjutnya.

"Untuk batas usia disebut minimal 25 tahun dan tamatan SLTA sederajat," ucap Aminuddin. 

Baca juga: Bawaslu Langkat Terima 459 Berkas Calon Anggota Panwascam, Ini Jadwal Pengumuman Seleksi

Sementara itu, dari total 570 orang pendaftar beberapa waktu lalu, total ada 460 laki-laki. Untuk pelamar perempuan total ada 110 orang.

Dari 22 Kecamatan yang paling banyak pelamarnya adalah Kecamatan Percut Sei tuan dan Tanjung Morawa.

Khusus untuk Percut, total ada 56 orang laki-laki dan perempuan, sementara untuk di Tanjung Morawa ada 46 orang.

(dra/tribun-medan.com)

Sumber: Tribun Medan
  • Ikuti kami di
    KOMENTAR

    BERITA TERKINI

    © 2022 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
    All Right Reserved