Breaking News:

News Video

KAPOLRI Datangi Stadion Kanjuruhan, Berjanji akan Usut Tuntas Tragedi Kerusuhan

Pada kunjungan tersebut, Jenderal Listyo Sigit Prabowo melaporkan jumlah akhir korban meninggal akibat kerusuhan sebanyak 125 orang.

Editor: Bobby Silalahi

TRIBUN-MEDAN.COM - Kepala Kepolisian Republik Indonesia (Kapolri) Jenderal Listyo Sigit Prabowo mendatangi Stadion Kanjuruhan di Malang, Jawa Timur, Minggu (2/10) malam.

Pada kunjungan tersebut, Jenderal Listyo Sigit Prabowo melaporkan jumlah akhir korban meninggal akibat kerusuhan sebanyak 125 orang.

Pada kasus kejadian ini, Kapolri Jenderal Listyo Sigit Prabowo berjanji akan mengusut tuntas tragedi pasca-pertandingan Arema FC vs Persebaya itu.

Menurut Kapolri, jumlah korban meninggal sempat berbeda-beda karena ada yang tercatat ganda.

Berdasarkan pengecekan dari tim Disaster Victim Identification (DVI) dan Dinkes kabupaten/kota Malang, jumlah akhir korban meninggal ada 125 orang.

Atas meninggalnya ratusan korban tersebut, Kapolri menyampaikan duka yang mendalam.

Listyo menyebut, pihaknya akan melakukan pengusutan terkait proses penyelenggaraan dan pengamanan pertandingan.

"Sekaligus melakukan investigasi terkait peristiwa terjadi yang mengakibatkan banyaknya korban," kata Sigit, di Stadion Kanjuruhan, pada Minggu (2/10/2022).

Sejauh ini, Polri telah membentuk tim dari Mabes Polri yang terdiri dari Bareskrim, Divisi Propam, Inafis, Puslabfor dan lainnya.

Untuk tahap awal, tim DVI Polri telah bekerja untuk memastikan identitas korban yang meninggal.

Kemudian, tim juga akan mengumpulkan data-data di tempat kejadian perkara (TKP) dan CCTV.

Selain itu, akan dilakukan pemeriksaan terhadap pihak-pihak yang terlibat dalam tragedi ini.

Tujuannya untuk mencari siapa yang harus bertanggungjawab untuk selanjutnya diproses secara hukum.

Kemudian, terkait proses penyelenggaraan keamanan pertandingan sepak bola akan dievaluasi dan didiskusikan bersama pihak-pihak terkait untuk menjadi acuan selanjutnya.

Smentara itu, terkait penembakan gas air mata dalam peristiwa yang ada, Polri juga berjanji akan mendalami terkait standar operasional prosedur (SOP) dan tahapan dalam pengamanan saat pertandingan sepak bola.

"Tim akan mendalami terkait SOP dan tahapan yang dilakukan oleh satgas atau tim pengamanan yang melaksanakan tugas saat pertandingan," kata dia.

(Tribun-Video.com)


Artikel ini telah tayang di Tribunnews.com dengan judul Kapolri: Jumlah Korban Meninggal akibat Insiden di Kanjuruhan Ada 125 Orang

  • Ikuti kami di
    KOMENTAR

    BERITA TERKINI

    © 2022 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
    All Right Reserved