Breaking News:

Gempa Taput

Gempa Magnitudo 4,5 Guncang Taput, Begini Penjelasan BMKG

Dijelaskan Kepala BBMKG Wilayah I Medan Hendro Nugroho, gempa magnitudo 4,5 ini disebabkan oleh aktivitas Sesar Sumatera pada Segmen Renun.

lacity.org
Ilustrasi seismograf gempa bumi 

TRIBUN-MEDAN.com, TAPANULI UTARA - Kabupaten Tapanuli Utara diguncang gempa bumi berkekuatan magnitudo 4,5 pada hari ini, Kamis (6/10/2022) sekira pukul 15.30 WIB.

Terkait gempa bumi tersebut, Kepala BBMKG Wilayah I Medan Hendro Nugroho memberikan penjelasan terkait kejadian dan parameter gempa tersebut. 

"Kejadian dan parameter gempabumi: Hari Kamis, 06 Oktober 2022 pukul 15:30:59 WIB, daerah Tarutung diguncang gempabumi tektonik. Hasil analisa BMKG menujukkan bahwa gempabumi ini berkekuatan M=4,5. Episenter terletak pada koordinat 2.09 LU dan 98.92 BT, atau tepatnya berlokasi di darat pada jarak 9 kilometer Barat Laut Tapanuli Utara pada kedalaman 2 kilometer," ujar Hendro Nugroho, Kamis (6/10/2022). \

Baca juga: Update Gempa Taput, Masih Diguncang Gempa Susulan Sebanyak 119 Kali Sejak Gempa 6,0 SR

Dijelaskan Hendro, gempa magnitudo 4,5 ini disebabkan oleh aktivitas Sesar Sumatera pada Segmen Renun.

"Jenis dan mekanisme gempabumi: Dengan memperhatikan lokasi episenter dan kedalaman hiposenter, gempabumi yang terjadi disebabkan oleh aktivitas Sesar Sumatera pada Segmen Renun," terangnya. 

Ia menyampaikan, guncangan gempa tersebut turut dirasakan di Humbang Hasundutan, Sibolga dan wilayah sekitarnya.

"Pada siang hari dirasakan oleh orang banyak dalam rumah, di luar oleh beberapa orang, gerabah pecah, jendela atau pintu berderik dan dinding berbunyi.  III MMI di Sibolga, Silangit, Sipahutar, Siborong-borong, Pagaran atau getaran dirasakan nyata dalam rumah," tuturnya. 

"Terasa getaran seakan-akan ada truk berlalu. II MMI di Humbanghasundutan, Dolok Sanggul dan Toba atau getaran dirasakan oleh beberapa orang, benda-benda ringan yang digantung bergoyang," ungkapnya. 

Baca juga: Edy Rahmayadi Janji Bangun Ulang Gereja HKBP Lobusingkam yang Rusak Akibat Gempa

Dijelaskan Hendro, gempa ini masih termasuk dalam rangkaian gempa susulan dari gempa utama Tapanuli Utara M 5,8 tanggal 1 Oktober 2022 pukul 02:28:41 WIB.

Sehingga ia mengimbau kepada masyarakat  agar tetap tenang dan tidak terpengaruh oleh isu yang tidak dapat dipertanggungjawabkan kebenaranya.
 
"Pastikan informasi resmi hanya bersumber dari BMKG yang disebarkan melalui kanal komunikasi resmi yang telah terverifikasi," pungkasnya.

(cr3/tribun-medan.com) 

Sumber: Tribun Medan
  • Ikuti kami di
    KOMENTAR

    BERITA TERKINI

    © 2022 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
    All Right Reserved