Breaking News:

Pemkab Sergai

Pemkab Serdangbedagai Kembali Raih Opini WTP yang Keempat dari Dirjen Perbendaharaan Sumut

Heru memaparkan untuk Sumatera Utara ada 25 Kabupaten/Kota yang meraih WTP secara berturut-turut lebih dari lima kali dan di bawah dari lima.

Editor: Satia
Dok. Pemkab Serdangbedagai
Bupati Serdang Bedagai Darma Wijaya dalam acara Rapat Koordinasi Pemerintah Daerah dan Unit Akuntansi Pembantu Pengguna Anggaran - Wilayah Tahun 2022 di Aula Tengku Rizal Nurdin, Kamis (3/11/2022). 

TRIBUN-MEDAN.COM, MEDAN - Menteri Keuangan Sri Mulyani Indrawati melalui Direktorat Jenderal Perbendaharaan Provinsi Sumatera Utara memberikan penghargaan kepada Pemerintah Kabupaten Serdang Bedagai atas keberhasilan menyusun dan menyajikan Laporan Keuangan Tahun 2021 dengan Opini Wajar Tanpa Pengecualian (WTP) .

Penghargaan diberikan langsung oleh Kepala Kanwil Ditjen Perbendaharaan Sumut Heru Pudyo Nugroho didampingi Gubernur Sumatera Utara Edy Rahmayadi kepada Bupati Serdang Bedagai Darma Wijaya dalam acara Rapat Koordinasi Pemerintah Daerah dan Unit Akuntansi Pembantu Pengguna Anggaran - Wilayah Tahun 2022 di Aula Tengku Rizal Nurdin, Kamis (3/11/2022).

Heru menjelaskan capaian ini mengingatkan kepada pemerintah kabupaten/kota yang sudah menyandang predikat opini WTP dari BPK, supaya tetap mempertahankan predikat dan semakin meminimalisasi permasalahan yang ada pada laporan keuangan daerah masing-masing.

"Predikat WTP ini harus membawa kesejahteraan bagi masyarakat. Jika benar-benar ditransmisikan, WTP ini bukan hanya sekedar predikat," kata dia.

Heru memaparkan untuk Sumatera Utara ada 25 Kabupaten/Kota yang meraih WTP secara berturut-turut lebih dari lima kali dan di bawah dari lima.

Sergai sendiri masuk dalam kategori kedua dengan raihan predikat sebanyak 4 kali berturut-turut.

Selain Sergai kabupaten/kota yang juga masuk dalam kategori ini diantaranya Batubara, Deli Serdang, Karo, Nias, Nias Barat, Padang Lawas, Phakpak Barat, Serdang Bedagai, Tapanuli Tengah, Kota Medan, Padang Sidempuan, Kota Pematang Siantar, Kota Sibolga, dan Kota Tebing Tinggi.

Sedanhkan daerah yang meraih predikat WTP di atas lima kali berturut diraih oleh Labuhan Batu Selatan, Taput, Asahan, Dairi, Humbahas, Samosir, Tapanuli Selatan, Toba, Kota Binjai.

"Semoga ke depan, kita bisa mempertahankan predikat WTP dan keberhasilan ini tentunya tak terlepas dari kinerja OPD terkait yang menyusun laporan keuangan ini dengam baik," ucapnya.

Sementara itu Gubernur Sumatera Utara mengatakan, bahwa predikat WRP yang diraih Kabupaten/Kota adalah kewajiban yang sudah seharusnya dilakukan.

"Ini keharusan bagi kita pemerintah daerah untuk menyelesaikan seluruh kinerja pemerintahannya dengan hasil yang baik, dan WTP ini adalah hasil atas kinerja yang sudah sesuai dengan standar," ungkapnya.

Penyerahan penghargaan WTP atas LKPD 2021 tersebut dirangkaikan juga dengan kegiatan Penghargaan Satker UAPPA-W Lingkup Provinsi Sumatera Utara yang dilanjutkan dengan pemaparan Current Issue.

 

*

Sumber: Tribun Medan
  • Ikuti kami di
    KOMENTAR

    BERITA TERKINI

    © 2023 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
    All Right Reserved