Sosok

SOSOK Eddy Keleng Ate Berutu, Mantan Komisaris yang Kini Menjabat Sebagai Bupati Dairi

Eddy Keleng Ate Berutu adalah Bupati Dairi periode 2019-2024 yang dilantik langsung oleh Gubernur Sumatera Utara Edy Rahmayadi.

Penulis: Rizky Aisyah | Editor: mustaqim indra jaya
HO/Tribun Medan
Bupati Dairi, Eddy Keleng Ate Berutu 

TRIBUN-MEDAN.com, MEDAN - Eddy Keleng Ate Berutu adalah Bupati Dairi periode 2019-2024 yang dilantik langsung oleh Gubernur Sumatera Utara Edy Rahmayadi.

Eddy Keleng Ate Berutu lahir di Dolok Ilir I, Dolok Batu Nanggar, Simalungun, Sumatera Utara pada 12 Januari 1960.

Eddy Keleng Ate Berutu kerap memiliki beragam prestasi di skala nasional maupun internasional.

Baca juga: SOSOK Erik Adtrada Ritonga, Bupati Labuhanbatu yang Juga Menjabat Sebagai Direktur Rumah Sakit

Sebelum memasuki dunia pekerjaan Eddy Keleng Ate Berutu menempuh Pendidikan dasar di SD ST Yoseph II Medan tahun 1966-1972.

Lalu menempuh sekolah menengah pertama di SMP Kristen Immanuel  Medan tahun 1972-1975 dan jenjang sekolah menengah atas di SMA Negeri 3 Kota Bandung tahun 1975-1979.

Eddy Keleng Ate Berutu sebagai Ahli Teknik Komputer di ITB juga merupakan lulusan S1 teknik sipil UNPAR Bandung.

Lalu ia melanjutkan S2 sebagai pastoral Konseling di STTS Banten, tak hanya sampai di situ dia kembali meraih gelar S3 Doctor of Ministry in Counseling di STT Jakarta.

Sebelum terjun ke dunia politik, Eddy Berutu lebih dulu memulai karirnya memimpin industri keuangan di Prudential Indonesia, Bank Bali, Wana Artha Life.

Selain itu ia juga memiliki jabatan sebagai Pendiri dan Komisaris grup JUMA, komisaris PT Pacific Life Insurance,

Ia juga merupakan penasehat GAMKI Dairi, Komite Tetap investasi, keuangan perbankan dan konstruksi serta Infrastruktur KADIN Indonesia.

Tak sampai di situ, Eddy Keleng Ate Berutu juga pernah mendapatkan penghargaan skala internasional sebagai CEO terbaik dalam strategi bisnis tahun 2012 oleh Majalah Business Review dan Best Innovative Leader tahun 2017 oleh Parliament Magazine.

Eddy Berutu juga merupakan Ketua DPD II Golkar Kabupaten Dairi periode 2020 -2025.

Eddy Berutu dilantik pada 2 Februari 2022 oleh Ketua DPD Golkar Sumatera Utara, Musa Rajekshah. Pelantikan tersebut sempat tertunda hampir 2 tahun dari jadwal yang direncanakan.

Eddy Keleng Ate Berutu memiliki seorang istri yakni Romy Frida Mariani Simarmata dari pernikahan keduanya memiliki tiga orang anak yakni, Maria Dimitria Tabitha Berutu, Ignatio Edro Humberto Berutu dan Rod Fredricho Berutu

Halaman
12
Sumber: Tribun Medan
  • Ikuti kami di
    KOMENTAR

    BERITA TERKINI

    © 2023 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
    All Right Reserved