Breaking News:

Berita Kesehatan

Amankah Membersihkan Organ Intim Wanita dengan Sabun Pembersih? Begini Penjelasan dr Boyke

Wanita kerap kali tidak merasa nyaman dengan bau organ intimnya, maka tak heran sebagian diantara mereka tertarik untuk menggunakan sabun pembersih

Penulis: Istiqomah Kaloko | Editor: Royandi Hutasoit
HO / Tribun Medan
Seksolog dr Boyke Dian Nugraha 

TRIBUN-MEDAN.COM - Saat ini, sabun pembersih kewanitaan semakin banyak beredar. Bentuknya pun bervariasi, mulai dari sabun batangan hingga berbentuk gel.

Beberapa wanita kerap kali tidak merasa nyaman dengan bau organ intimnya, maka tak heran sebagian diantara mereka tertarik untuk menggunakan sabun pembersih kewanitaan yang banyak beredar di berbagai plastform online shop.

Lantas, apakah membersihkan organ intim dengan menggunakan sabun pembersih kewanitaan aman untuk dilakukan?

Menanggapi hal ini, dr Boyke mengatakan bahwa sabun pembersih kewanitaan aman bagi organ intim.

Namun para wanita juga perlu mengingat, sabun pembersih kewanitaan tersebut aman digunakan namun dengan syarat sabun tersebut sudah berlabel Badan POM.

"Sabun kewanitaan boleh sepanjang ada POMnya karena POM itu akan meneliti apakah berbahaya atau tidak," ucap dr Boyke dilansir Tribunmedan.com dari kanal YouTube dr Richard Lee, Sabtu (26/11/2022).

Namun meski aman, dr Boyke menyarankan alangkah lebih baiknya jika sabun kewanitaan tersebut terbuat dari bahan herbal.

"Dan kalau saya menganjurkan sebaiknya mengandung herbal, jadi jangan terlalu banyak yang kimia," lanjut dr Boyke.

Meski diperbolehkan, wanita juga harus memperhatikan bahwa penggunaan sabut tersebut hanya untuk bagian luar saja dan tidak dianjurkan untuk menggunakannya ke bagian dalam organ intim.

Jika menggunakannya hingga ke bagian dalam, hal tersebut dikhawatirkan akan membunuh bakteri-bakteri baik yang ada didalam organ kewanitaan.

Cara yang Baik dan Benar Merawat Organ Intim Wanita

Menurut dr Boyke, untuk menjaga dan merawat organ intim wanita perlu melakukan beberapa cara, seperti memperhatikan kebersihan celana dalam.

Untuk merawat dan menjaga organ intim, seorang wanita perlu memperhatikan bahan celana dalam yang digunakan. Bahan tersebut diharapkan mampu menyerap keringat.

"Gunakanlah celana dalam yang bisa menyerap keringat yang terbuat dari kain katun," ucap dr Boyke dilansir Tribunmedan.com dari kanal YouTube Sonara FM.

Halaman
12
Sumber: Tribun Medan
  • Ikuti kami di
    KOMENTAR

    BERITA TERKINI

    © 2023 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
    All Right Reserved