Breaking News:

Berita Sumut

Cegah Penyebaran ASF, Dinas Pertanian dan Peternakan Karo Imbau Peternak Terapkan Bio Security

Informasi yang didapat, daerah yang ternak babinya sudah mulai terserang penyakit ini berada di sekitar Kota Medan dan Kabupaten Deli Serdang.

Penulis: Muhammad Nasrul | Editor: Ade Saputra

Cegah Penyebaran ASF, Dinas Pertanian dan Peternakan Karo Imbau Peternak Terapkan Bio Security

TRIBUN-MEDAN.com, KARO - Wabah African Swine Fever (ASF), dikabarkan kembali menyerang ternak babi milik peternak.

Informasi yang didapat, daerah yang ternak babinya sudah mulai terserang penyakit ini berada di sekitar Kota Medan dan Kabupaten Deli Serdang.

Untuk menghindari masuknya wabah ini, Dinas Pertanian dan Peternakan (Disternak) Kabupaten Karo mulai kembali meningkatkan kewaspadaan.

Seperti diketahui, di Kabupaten Karo sendiri cukup banyak masyarakat yang memiliki ternak babi baik usaha kecil maupun menengah.

Amatan www.tribun-medan.com, pada Kamis (1/12/2022) Kepala Dinas Pertanian dan Peternakan Kabupaten Karo Matehsa K Purba beserta tim mulai melakukan pengecekan ke lapangan.

Pengecekan yang dilakukan di salah satu peternakan warga di Desa Kandibata, Kabanjahe ini untuk melihat secara langsung seperti apa kondisi ternak setelah kembali adanya wabah tersebut.

Dijelaskan Matehsa, untuk menghindari masuknya wabah ini ke Kabupaten Karo khususnya kandang, pihaknya menyarankan kepada para peternak agar kembali meningkatkan kewaspadaan.

Hal yang paling mudah dilakukan, ialah kembali menerapkan teknik bio security.

"Bagaimana kita mengatasi ASF ini, kita tetap mengandalkan bio security. Jadi kita sampaikan kepada para peternak, supaya menjaga hewan ternaknya dengan cara tidak boleh sembarangan yang masuk," Ujar Matehsa.

Selain menerapkan bio security, dirinya juga kembali mengingatkan kepada peternak agar selalu menjaga kebersihan kandang.

Hal tersebut dilakukan, dengan cara rutin melakukan penyemprotan cairan desinfektan ke sekitar kandang.

"Penyemprotan juga tetap harus rutin, inilah cara utama untuk mencegah," Ucapnya.

Selain itu, untuk mencegah penyebaran wabah ASF Matehsa juga menghimbau kepada peternak maupun pengusaha yang menjual babi agar tidak membeli dari luar daerah.

Halaman
12
Sumber: Tribun Medan
  • Ikuti kami di
    KOMENTAR

    BERITA TERKINI

    © 2023 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
    All Right Reserved