Materi Belajar

Materi Belajar: Pengertian Komputer Modern dan Sejarah Komputer dari Masa ke Masa

Komputer modern adalah jenis komputer yang komponen-komponen di dalamnya sudah memakai dan menggunakan bahan dari semikonduktor (zaman transistor).

Penulis: Rizky Aisyah | Editor: Royandi Hutasoit
Ho / Tribun
Pengertian Komputer Modern dan Sejarah Komputer dari Masa ke Masa 

TRIBUN-MEDAN.com.MEDAN - Dari tahun ke tahun, sejarah generasi komputer menjadi bahan perbincangan dengan topik Information and Communication Technology (ICT) yang akan dibahas dalam materi berikut ini. Konsep komputer modern dan sub pembahasan sejarah komputer dari generasi ke generasi akan dijelaskan sebagai berikut.

1. Pengertian komputer modern.

2. Generasi pertama (1950 - 1959).

3. Generasi kedua (1960-1965).

4. Generasi ketiga (1965-1975).

5. Generasi keempat (1975-sekarang).

Pengertian komputer modern

Komputer modern adalah jenis komputer yang komponen-komponen di dalamnya sudah memakai dan menggunakan bahan dari semikonduktor (zaman transistor). Lebih lanjut mengenai hal ini dapat dilihat pada pembahasan di bawah ini tentang keterbatasan dari tahun ke tahun dalam sejarah perkembangan komputer.

Sejarah generasi komputer dari masa ke masa

Dibawah ini adalah beberapa generasi komputer yang selalu mengalami perubahan dan peningkatan baik dari segi performa, bentuk, model dan ukuran dari tahun ke tahun. Hal tersebut dapat digambarkan dan dijelaskan sebagai berikut.

1. Generasi Pertama (1950~1959)

Komputer pada generasi pertama ini masih membutuhkan energi karena masih relatif besar, masih menggunakan dan menggunakan tabung elektron, masih membutuhkan ruangan khusus dan membutuhkan air conditioning (AC). .

2. Generasi ke-2 (1960~1965)

Komputer pada generasi kedua ini mengalami perkembangan sehingga komputer generasi ke-2 jenis ini menemukan komponen transistor. Penemuan komponen transistor memungkinkan peningkatan ukuran komputer yang lebih kecil, seperti kinerja yang lebih cepat dan kapasitas yang lebih besar.

Halaman
12
Sumber: Tribun Medan
  • Ikuti kami di
    KOMENTAR

    BERITA TERKINI

    berita POPULER

    © 2023 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
    All Right Reserved