News Video

PT PNM Adakan Program Leader Community, Ada 508 Nasabah Sudah Tergabung

PT PNM adakan program Leader Community untuk pengembangan Program Bisnis Ultra Mikro di Kota Medan

Penulis: Husna Fadilla Tarigan | Editor: Fariz

TRIBUN-MEDAN.com, MEDAN - Untuk membantu program pemerintah dalam meningkatkan Usaha Mikro Kecil Menengah (UMKM) PT Permodalan Nasional Madani (PNM) adakan program Leader Community untuk pengembangan Program Bisnis Ultra Mikro di Kota Medan, Jumat (2/12/2022).

Dari amatan Tribun Medan kegiatan untuk melancarkan program ini pihak PNM berkolaborasi dengan Karya Digital Madani (KDM) mengadakan pelatihan Community Leader.

Pelatihan yang bertemakan Insan PNM berkualitas, dukung UMKM naik kelas ini dihadiri oleh seluruh Accounting Officer (AO) dari seluruh cabang PNM wilayah Sumut dan Aceh.

Kegiatan ini dimulai pukul 08.30 hingga 12.00 WIB ini berlangsung ramai dimana ratusan AO terlihat sangat antusias mengikuti program ini.

Menurut pimpinan cabang PNM Medan Alfian Langkamane, program ini dibuat agar seluruh AO memiliki jiwa leadership.

"Karena kita bukan hanya membantu UMKM tetapi dibawah lagi dari UMKM yang kita bantu makanya perlu ada bimbingan leadership ini," jelasnya.
Kata Alfian kegiatan ini dibuat untuk membentuk para AO mampu membuat dan memimpin grup yang nantinya satu bentuk dari program UMKM naik kelas.

"Karena ini program untuk nasabah ibu ibu pengusaha kita di Ultra Mikro. Bukan lagi kelas UMKM tapi dibawahnya lagi juga kita rangkul,"/jelasnya.

Sejauh ini program meningkatkan kelas UMKM di Kota Medan sudah ada sekitar 508 ribu nasabah PNM Medan yang ikut dalam program ini.

"Jadi program ini bukan hanya memberikan usaha modal tetapi juga ada dampingan langsung dari anggota kita," jelasnya.

Alfian juga menjelaskan dari 508 ribu nasabah ultra mikro ini sudah ada 10 persen yang naik kelas menjadi UMKM.

"Jadi untuk program pak Menteri BUMN kita lakukan nya yang lebih mikro lagi nah nanti ketika mereka sudah naik kelas menjadi UMKM barulah pemerintah yang melanjutkan," jelasnya.

Kata Alfian untuk PNM sendiri juga memiliki target agar UMKM juga naik kelas. Maka dari itu pihaknya membuat program PKU ini.

"Tujuannya agar para pelaku usaha ini bergabung dal grup Whats App Ultra Mikro. Dimana nanti hasil dari pelatihan ini mereka para AO ini lah yang akan membimbing para pelaku usaha ini," jelasnya.

Alfian berharap kepada seluruh AO di PNM Medan bisa pro aktif kepada nasabah. Sebab menurutnya seluruh pelaku usaha yang tergabung ni masih butuh bimbingan

"Harus pro aktif karena kita juga mengejar target kita dengan daerah daerah lain dalam program ini dan saya berharap program ini tujuannya bisa tercapai," jelasnya.

Alfian mengatakan bahwa untuk program leader comunity ini baru di bentuk hanya saja untuk program bisnis ultra mikro sudah lama di lakukan.

"Makanya seiring perkembangan zaman program bisnis ultra mikro ini harus mengikut jejak digital maka dari itu kita adakan program leader comunity agar mereka para AO bisa mengembangkan bisnis ultra mikro kepada nasabah PNM. Sebab antusias masyarakat Medan dalam pengembangan bisnis ultra mikro ini sangat tinggi," pungkasnya.

(cr26/www.tribun-medan.com).

Sumber: Tribun Medan
  • Ikuti kami di
    KOMENTAR

    BERITA TERKINI

    © 2023 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
    All Right Reserved