Breaking News:

KPUD Karo

KPUD Karo Laksanakan Ujian CAT PPK, 324 Peserta Jalani Tes 75 Soal

Komisi Pemilihan Umum Daerah (KPUD) Kabupaten Karo, menggelar ujian tertulis bagi calon anggota Panita Pemilihan Kecamatan (PPK), Selasa (6/12/2022).

KPUD Karo Laksanakan Ujian CAT PPK, 324 Peserta Jalani Tes 75 Soal

TRIBUN-MEDAN.com, KARO - Komisi Pemilihan Umum Daerah (KPUD) Kabupaten Karo, menggelar ujian tertulis bagi calon anggota Panita Pemilihan Kecamatan (PPK).

Diketahui ujian yang dilaksanakan di SMP Negeri 1 Kabanjahe ini, dilakukan dengan cara Computer Asssisted Test (CAT) secara online.

Amatan www.tribun-medan.com, pada proses ujian ini semua komisioner KPUD Karo tampak turut serta mengawasi.

Tak hanya itu, Wakil Bupati Karo Theopilus Ginting juga tampak hadir melihat langsung proses ujian bagi para calon anggota PPK.

Berdasarkan keterangan dari Komisioner KPUD Karo Divisi sosialisasi partisipasi masyarakat dan SDM Dewi Afriany Susanti, ujian dilakukan selama dua hari mulai hari ini Rabu (6/12/2022) hingga Kamis (7/12/2022) esok.

Dirinya menjelaskan, ujian dilakukan dengan dibagi menjadi lima sesi setiap harinya.

"Hari ini kita mulai lakukan tes tertulis untuk calon PPK. Untuk satu hari kita bagi lima sesi, dengan satu sesi 35 orang," Ujar Dewi.

Dikatakan Dewi, untuk proses ujian sendiri setiap sesinya peserta diberikan waktu selama 90 menit. Setiap peserta, harus menjalani ujian dengan menyelesaikan soal sebanyak 75 soal yang seluruhnya pilihan ganda.

"Jumlah soalnya 75, ini harus diselesaikan dengan durasi 90 menit. Pilihan soalnya ada yang ringan atau mudah, sedang, dan ada yang sulit," Ucapnya.

Ketika ditanya berapa total peserta yang mengikuti ujian tahap awal ini, Dewi mengaku setelah lulus verifikasi administrasi kemarin ada 324 orang yang lanjut ke tahap ujian.

Sementara, untuk anggota PPK di masa Pemilu 2024 mendatang pihaknya membutuhkan sebanyak 85 orang.

"Kebutuhan kita lima orang di setiap kecamatan, jadi dikali 17 kecamatan totalnya 85 orang yang kita butuhkan," Katanya.

Lebih lanjut, ia mengimbau kepada semua peserta sebelum mengikuti ujian agar mempersiapkan semuanya dengan baik. Ia meminta, agar peserta juga mempelajari pengetahuan-pengetahuan seputar kenegaraan, kepemiluan, dan kepancasilaan.

"Kami berharap nantinya bagi peserta yang lulus agar dapat bekerja dengan baik, dan bagi yang tidak lulus bisa kembali mencoba mendaftar menjadi anggota Panitia Pemungutan Suara (PPS)," Pungkasnya.

(mns/tribun-medan.com)

Sumber: Tribun Medan
  • Ikuti kami di
    KOMENTAR

    BERITA TERKINI

    © 2023 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
    All Right Reserved