Breaking News:

Binjai Memilih

Herdensi Adnin Datangi Lokasi Ujian PPK di Kota Binjai, Ungkap di Sumut Ada 21 Ribu Pelamar PPK

Ketua KPU Sumut Herdensi Adnin menyebut animo masyarakat di Sumut untuk mengikuti rekrutmen PPK cukup tinggi.

Tribun Medan/Istimewa
Ketua KPU Sumut, Herdensi Adnin (tiga dari kanan) saat melihat pelaksaan ujian calon PPK dengan sistem CAT di Kota Binjai, Rabu (7/12/2022). 

TRIBUN-MEDAN.com, BINJAI - Ketua Komisi Pemilihan Umum (KPU) Provinsi Sumatera Utara, Herdensi Adnin melakukan monitoring pelaksanaan ujian tertulis calon Panitia Pemilihan Kecamatan (PPK) Pemilu 2024 ke sejumlah daerah, Rabu (7/12/2022). 

Hal Ini dilakukan guna mengetahui kesiapan KPU di kabupaten/kota dalam pelaksanaan ujian Computer Assisted Test (CAT) bagi calon PPK. 

Baca juga: KPUD Karo Gelar Ujian CAT Seleksi PPK Selama 2 Hari, Peserta Dihadapkan 75 Soal Pilihan Berganda

Menurut Herdensi, animo masyarakat di Sumut untuk mengikuti rekrutmen Badan Ad Hoc cukup tinggi. Bahkan, masyarakat juga antusias mengikuti rekrutmen tersebut. 

"Rekrutmen Badan ad Hoc yang dilakukan penyelenggara pemilihan umum ini cukup terbuka dan transparan. Pasalnya, peserta atau calon PPK langsung mengetahui nilainya usai mengikuti ujian dengan CAT," ujar Herdensi saat menyambangi lokasi ujian CAT di Kota Binjai

Herdensi melanjutkan, sejumlah daerah yang telah dimonitoringnya ada di Medan, Deliserdang, Binjai dan Langkat. 

"Kalau seluruh Sumut, sangat tinggi peminat dan yang melamar. Medan saja ribuan, begitu juga dengan Deliserdang. Pelamar itu kalau seluruh Sumut ada 21 ribuan, ini menunjukkan animo masyarakat tinggi karena sistem juga terbuka," ujar Herdensi. 

Lanjut Herdensi, seluruh pelamar yang ada di Sumut dan memiliki kemampuan, tentu berpotensi menjadi anggota Badan Ad Hoc.

Karenanya, dia berpesan, agar pelamar dapat serius dan sungguh-sungguh mengikuti ujian tertulis ini. 

"Semua orang punya potensi yang sama. Jadi, bukan orang lain yang menentukan kelulusan anda, tapi anda sekalian yang menentukan kelulusan anda sendiri," ucap Herdensi. 

"Kalau anda memiliki nilai yang tinggi, maka potensi lulus juga besar. Tapi kalau anda nilainya rendah, mungkin di lain waktu ada rekrutmen, anda juga bisa kembali mengikutinya," sambungnya.

Dia melanjutkan, pelaksanaan ujian tetulis yang dilakukan ini merupakan bagian dari tahapan dan proses yang harus dilakukan oleh KPU saat melakukan rekrutmen badan adhock.

Setelah dinyatakan lulus administrasi, maka pelamar berhak mengikuti tahapan ujian untuk melihat kemampuan dari calon PPK

"Nanti sore setelah (ujian) CAT dilaksanakan, teman-teman dapat melihat nilai masing-masing. Ini adalah upaya yang dilakukan KPU supaya proses pelaksanaan rekrutmen badan adhock dilaksanakan secara terbuka," ujar Herdensi.

Sementara itu, sebanyak 205 calon PPK Kota Binjai untuk pemilu pada 2024 mendatang, dinyatakan telah lulus administrasi. 

Baca juga: Ujian PPK KPU Dairi, 5 Menit Nilai Langsung Keluar

Mereka telah mengikuti ujian tertulis sejak 6-7 Desember 2022 dari pukul 14.00 WIB sampai selesai, dengan sistem Computer Asisted Test (CAT) di Yayasan PABA Binjai, Jalan Padang Sidempuan, Kelurahan Rambung Barat, Binjai Selatan. 

Adapun 205 orang yang lulus seleksi administrasi rinciannya yakni, Kecamatan Binjai Kota 36 orang, Binjai Selatan 34 orang, Binjai Barat 36 orang, Binjai Timur 37 orang, dan Binjai Utara 62 orang.

(cr23/tribun-medan.com)


 

Sumber: Tribun Medan
  • Ikuti kami di
    KOMENTAR

    BERITA TERKINI

    © 2023 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
    All Right Reserved