Kumpulan Doa

Keutamaan dan Manfaat Membaca Surat Al Fil, Lengkap Beserta Tulisan Arab Latin dan Terjemahannya

Surat Al Fil merupakan surah ke-105 dalam Alquran yang menceritakan tentang usaha seorang pembelot yang tidak menyukai ajaran agama Allah

Penulis: Istiqomah Kaloko | Editor: Ayu Prasandi
HO/Tribun Medan
ILUSTRASI, Surat Al Fil 

TRIBUN-MEDAN.COM - Surat Al Fil merupakan surah ke-105 dalam Alquran yang menceritakan tentang usaha seorang pembelot yang tidak menyukai ajaran agama Allah yaitu Abrahah, seseorang yang mencoba berusaha menghancurkan ka'bah.

Surat Al Fil ini terdiri dari terdiri dari 5 ayat dan tergolong dalam surat Makkiyah.

Abrahah yang diceritakan dalam surat Al Fil ini adalah wakil raja atau gubernur yang telah mendirikan sebuah gereja di Shan’a dengan diberi nama al-Qullais. 

Mereka hendak menghancurkan ka'bah lalu mengganti Ka'bah tersbeut dengan sebuah gereja di San'a, Yaman.

Adapun sebabnya yaitu karena Abrahah merasa iri terhadap Mekah yang selalu ramai dikunjungi oleh banyak orang.

Abrahan ingin menghancurkan Ka'bah agar orang-orang yang pergi berhaji maupun para pedagang yang menjadikan Mekah sebagai pusat pertemuan dapat beralih ke Yaman.

Keesokan harinya, Abrahah bersiap-siap untuk memasuki Mekkah dengan gajah beserta para pasukannya. Adapun gajah yang ditunggangi oleh Abrahah bernama Mahmud.

Namun niatnya itu terhenti sebab kehendak Allah SWT datang untuk menggagalkan aksi abraahah menghancurkan Ka’bah tersebut. 

Untuk menghentikan aksi Abrahah itu, Allah turunkan dan datangkanlah segerombolan burung Ababil yang mana burung tersebut membawa krikil batu yang dibawa dari neraka dan kemudian melemparkan batu-batu itu ke arah pasukan Abrahah.

Tak menunggu lama, kepala dan tubuh para pasukan Abrahah pun tercabik-cabik dan mayatnya bergelimpangan di jalanan.

Saat itulah, Abrahah merasakan ketakutan yang luar biasa dan memerintahkan pasukannya yang tersisa untuk kembali ke Yaman.

Akhirnya, Abrahah dapat mencapai kota Shan’a secara sendirian dengan kondisi yang sangat lemah.

Maka dari surat Al Fil diatas, kita dapat menyimpulkan bahwa sangat mudah bagi Allah untuk menolong siapa yang Ia kehendaki. Dan sangat mudah pula bagi-Nya menghancurkan siapa yang ingin dihancurkan. Juga sangat mudah bagi Allah menghadirkan cara dan jalan kehancuran musuh-musuh-Nya.

Baca juga: Doa Penarik Rezeki dan Kekayaan, Baca 2 Potongan Surat At Thalaq, Berikut Lengkap Artinya

Bacaan surat Al Fil:

Halaman
123
Sumber: Tribun Medan
  • Ikuti kami di
    KOMENTAR

    BERITA TERKINI

    © 2023 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
    All Right Reserved