TribunMedan/

Ngopi Sore

Jonru Bilang Tak Takut Polisi, Cuma Takut Sombong Lantaran Banyak yang Memuji

Saracen sekarang sudah diberangus. Apakah hoax lantas berhenti? Sama sekali tidak.

Jonru Bilang Tak Takut Polisi, Cuma Takut Sombong Lantaran Banyak yang Memuji
internet

SUNGGUH menggetarkan sikap yang ditunjukkan Jonru. Lelaki yang dilahirkan dengan nama Jon Riah Ukur Ginting ini, lewat akun Facebook miliknya, menulis esai pendek yang menuturkan bahwa dia sama sekali tidak takut pada polisi. Persisnya, dia tidak takut dirinya diperiksa terkait dugaan melakukan ujaran kebencian (hate speech).

Tulisan Jonru ini, diberi judul "SAYA TAKUT" (beliau memang menulisnya dengan huruf kapital), dimuat di halaman fanpage akun Jonru Ginting.

Mengapa 'tidak takut' namun justru ditulisnya takut? Apa yang ditakutkannya? Jonru memberikan penjelasan yang sungguh-sungguh sangat aduhai dan membuat saya gagal untuk menahan rasa haru.

"Saya takut luar biasa saat melihat demikian banyak teman yang memuji penampilan saya di acara ILC tersebut. Saya takut jika diri ini jadi sombong dan lupa diri, merasa paling hebat."

Tidak takut yang takut ini ditulis hanya beberapa jam pascapenampilannya di acara Indonesia Lawyer Club (ILC) yang membahas tentang Saracen, kelompok yang ditengarai menyebarkan kebencian di internet.

Dalam acara itu, Jonru bersinggungan dengan praktisi dan pengamat media sosial, Ade Armando, dan Akbar Faizal, politisi Partai Nasdem. Terutama dengan Akbar Faizal. Jonru dicecar Akbar soal tulisannya di Twitter yang menyinggung riwayat identitas Presiden Joko Widodo (Jokowi).

Jonru mengakui tulisan di Twitter ini sebagai tulisannya. Akan tetapi, membantah tulisan tersebut bertendensi menghina Jokowi. Menurut Jonru, dia hanya meneruskan apa yang pada saat itu menjadi perhatian masyarakat.

Atas jawaban ini, Akbar Faizal meminta pada polisi yang juga hadir sebagai pembicara di ILC untuk memproses Jonru. Lalu, Jonru, dengan suaranya yang menggelegar dan berwibawa, juga sembari mengacungkan jari telunjuknya menuding langit-langit, berteriak, "saya tidak takut!"

Selain menulis esai pendek, pada akun yang sama, Jonru mengirim rangkaian foto yang merupakan capture dari kicauan-kicauannya di Twitter.

Kicauan yang menyerang narasumber-narasumber yang menjadi "lawannya" di ILC --Ade Armando, Akbar Faizal, dan juga Grace Natalie. Kicauan yang --sebagaimana biasa-- memamerkan logika-logika berpikirnya yang sungguh-sungguh memesona, saking ajaibnya.

Halaman
12
Penulis: T. Agus Khaidir
Editor: T. Agus Khaidir
Sumber: Tribun Medan
Ikuti kami di
KOMENTAR
TRIBUNnews.com Network © 2017
About Us
Help