Ijeck Ajak Pemerintah Singapura Kerja Sama Bangun Pariwisata Sumut

kedua pihak membahas program-program yang mungkin bisa diimplementasikan untuk kerjasama, terutama mengenai pendidikan dan kepemudaan dan budaya.

Ijeck Ajak Pemerintah Singapura Kerja Sama Bangun Pariwisata Sumut
TRIBUN MEDAN/HO
Wakil Gubernur Sumatera Utara Musa Rajekshah menerima kunjungan delegasi dari Pemerintah Singapura di Kantor Gubernur Sumut, Jalan Pangeran Diponegoro Nomor, Kota Medan,¬†¬†Selasa (16/10/2018). 

Ijeck Ajak Pemerintah Singapura Kerjasama Bangun Pariwisata
 

Laporan Wartawan Tribun Medan/Satia

TRIBUN MEDAN.COM, MEDAN - Wakil Gubernur Sumatera Utara Musa Rajekshah menerima kunjungan delegasi dari Pemerintah Singapura di Kantor Gubernur Sumut, Jalan Pangeran Diponegoro Nomor, Kota Medan,  Selasa (16/10/2018).

Pada pertemuan ini, kedua pihak membahas program-program yang mungkin bisa diimplementasikan untuk kerjasama, terutama mengenai pendidikan dan kepemudaan dan budaya.

Musa Rajekshah menyampaikan, Pemerintah Provinsi (Pemprov) Sumut sedang berupaya meningkatkan kualitas sumber daya manusia (SDM), diantaranya melalui beasiswa di perguruan tinggi. Mahasiswa yang menerima beasiswa diharapkan bisa kembali ke Sumut dan memberikan kontribusi bagi pembangunan daerah ini.

Selain itu, kata Musa, Sumut juga sedang berupaya mengambangkan potensi pariwisata, melalui peningkatan jumlah turis yang datang. Khususnya ke Danau Toba dan destinasi wisata lainnya di Sumut.“Sumatera Utara merupakan daerah yang memiliki banyak potensi wisata, dan kita tingkatkan hal-hal yang berkaitan dengan itu,” kata Wagub, yang akrab disapa Ijeck.

Pada kesempatan itu, Ijeck juga membeberkan beberapa program fokus utama yang akan dilakukannya bersama Gubernur Sumut Edy Rahmayadi dalam rangka mewujudkan Sumut bermartabat. Di antaranya peningkatan lapangan kerja, layanan kesehatan yang menjangkau desa hingga kota, menjadikan Sumut provinsi agraris, serta penambahan infrastruktur.

“Harapannya, pertemuan ini dapat meningkatkan program kerjasama atau agar dapat saling memberi masukan dan kebutuhan yang diperlukan antara Pemprov Sumut dan Singapura, serta berbagi program apa saja yang bisa diintegrasikan dengan program yang telah dicanangkan oleh pemerintah Singapura,” kata Ijeck.

Sementara itu, Permanent Secretary (Education) Ministry of Education Singapore, Chan Lai Fung mengatakan, kedatangan dirinya bersama rombongan untuk mengunjungi beberapa provinsi besar di Indonesia, termasuk Provinsi Sumut. Menurutnya, Sumut dikunjungi lantaran termasuk ke dalam salah satu provinsi besar dengan ekonomi yang sedang berkembang. Selain itu, pihaknya juga akan bertemu dengan perwakilan dari pariwisata Sumut, khususnya Danau Toba.

“Kami telah mendengar perkembangan di Medan dan Sumatera Utara yang sangat bagus, tapi lebih baik kami mengunjungi langsung tempat ini dan kami juga ingin mengetahui secara langsung prioritas dari pemerintahan Sumatera Utara yang baru,” ujar Chan.

Di bidang pendidikan, kata Chan, pihaknya telah sering melakukan pertemuan regular dengan Kementerian Pendidikan Indonesia. Salah satu diskusinya mengenai pertukaran pelajar dan berkolaborasi dengan pihak kementerian. Chan pun mempersilahkan Pemprov Sumut untuk berkunjung langsung melihat universitas yang ada di Singapura.

Turut hadir pada kesempatan tersebut Konsulat Jenderal Singapura untuk Kota Medan Richard Grosse, perwakilan Kementerian Pertahanan Singapura Lew Chuen Hong, Kepala Biro Pemerintahan Setdaprovsu Afifi Lubis, Kepala Dinas Pemuda dan Olahraga Baharuddin Siagian, Kepala Dinas Komunikasi dan Informatika M Fitriyus, Kepala Badan Kesbang Linmas Provsu Suriadi Bahar, serta beberapa perwakilan pemerintahan Singapura.

(Cr19/Tribun-Medan.com)

Penulis: Satia
Editor: Feriansyah Nasution
Sumber: Tribun Medan
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2018 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved