Nilai Hasil Test UTBK jadi Patokan Program Studi yang Boleh Diambil di Kampus USU

Pelaksanaan ujian tersebut tidak mengalami kendala baik dalam jaringan atau server maupun hal lainnya yang terkait pada pelaksanaan UTBK tersebut.

Nilai Hasil Test UTBK jadi Patokan Program Studi yang Boleh Diambil di Kampus USU
Tribun Medan/Danil Siregar
Peserta menjawab soal saat mengikuti pelaksanaan Ujian Tulis Berbasis Komputer (UTBK), di kampus USU, Medan, Sabtu (13/4/2019). 

Nilai Hasil Test UTBK jadi Patokan Program Studi yang Boleh Diambil di Kampus USU

TRIBUN-MEDAN.com,MEDAN- Pelaksanaan Ujian Tulis Berbasis Komputer (UTBK) gelombang pertama di Universitas Sumatera Utara (USU) tidak mengalami kendala atau berjalan lancar, Sabtu (12/4/2019).

Pelaksanaan ujian tersebut tidak mengalami kendala baik dalam jaringan atau server maupun hal lainnya yang terkait pada pelaksanaan UTBK tersebut.

Wakil Rektor I USU Bidang Akademik, Kemahasiswaan dan Kealumnian, Prof Rosmayati ditemui usai melakukan pemantauan UTBK, mengatakan, sejak dimulai UTBK pukul 07.30 WIB, tidak ada gangguan yang dialami peserta.

“Pelaksanaan ujian hari ini tidak ada kendala baik server atau jaringan dan kendala lainnya. Dan semoga bisa berjalan lancar tanpa ada kendala karena memang sudah dipersiapkan dengan baik,” ujarnya.

Ia menjelaskan, pelaksanana ujian dilakukan di lima lokasi di USU dan juga diadakan di 18 mitra kerjasama dengan waktu yang sama atau secara serentak.

“Jadi hari ini para peserta tersebut mengikuti ujian pada hari ini dan 10 hari kemudian mereka akan mendapatkan sertifikat yang terdapat nilai dari hasil ujian tersebut. Kemudian nilai tersebutlah yang akan menjadi patokan program studi (prodi) apa yang bisa diambil atau sesuai dengan peserta,” jelasnya.

Rektor Universitas Panca Budi Bantah Mahasiswanya Usir Menteri Luhut: Mereka Tidak Pakai Dresscode

VIDEO: KONDISI TERKINI GBK Jelang Kampanye Akbar Jokowi- Maruf Amin, Lebih Banyak dari Prabowo?

Lihat Pacar Berboncengan Dengan Wanita Lain, Remaja Perempuan Ini Bunuh Diri Melompat ke Sungai

Wakil Gubernur Sumut Berharap Perkumpulan Obstetri dan Ginekologi Indonesia Cegah Stunting di Sumut

Ia menerangkan, jika para peserta mendapatkan nilai yang sedang-sedang saja maka tidak mungkin memilih prodi dengan nilai yang tinggi seperti kedokteran.

“Nilainya bukan nilai total, jadi test ini kan ada empat mata pelajaran yang memiliki bobot-bobot tersendiri. Nah dari bobot-bobot nilai tersebutlah kemudian akan dilihat apakah prodi yang sesuai,” terangnya.

Nasib Bocah (6) Diterkam Buaya, Anggota Tagana Teriak, Mengharukan saat Ayah Melihat Kondisi Korban

Maruf Amin Angkat Bicara, Jelang Debat Terakhir Malam Ini, Link Live Streaming Debat Pilpres 2019

Pelatih PSMS Senang Liga 2 Bergulir di Pertengahan Juni: Masih Ada Waktu Merekrut Pemain Baru

Ia menuturkan, tujuan dari UTBK adalah untuk lebih transparans dan akuntanbilitas karena peserta bisa mengetahui langsung berapa nilai yang didapatnya dan kemudian bisa digunakan untuk memilih prodi.

“Sistem yang lama kan peserta tidak mengetahui nilai yang didapatnya dan dengan sistem baru ini bisa lebih transparan dan memudahkan peserta,” tuturnya.

Pemuda Pancasila Sumut Deklarasi Dukung Capres Jokowi-Maaruf di Pilpres 2019

LUNA MAYA TERBARU - Terkuak Sifat Asli Luna Maya, Tetangga dan Sekuriti Perumahan Ungkap Hal Ini

Calon Legislatif Evi Yanti Bantah Gelapkan Uang Rp 54 Juta untuk Pindahkan WBP:Sudah Saya Kembalikan

Ia mengungkapkan, pelaksanaan ujian gelombang I yang akan dimulai pada 13 April hingga 4 Mei 2019 mendatang dan gelombang II yang akan dilaksanakan pada tanggal 11 Mei hingga 26 Mei 2019.

“Peserta yang mengikuti UTBK gelombang I sebanyak 26.186 orang, yang terdiri atas 16.764 peserta dari kelompok ujian saintek dan 9.422 dari kelompok soshum. Sementara untuk gelombang II sebanyak 28.174 orang, yang terdiri atas 16.299 peserta dari kelompok saintek dan 11.875 peserta dari kelompok soshum,” ungkapnya.

(pra/tribun-medan. com)

Penulis: Ayu Prasandi
Editor: Joseph W Ginting
Sumber: Tribun Medan
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2019 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved