LAPAS NARKOTIKA RUSUH

Ini Runutan Kronologis Pemberontakan Narapidana Lapas Narkotika Langkat

Pemberontakan narapidana terjadi karena rasa empati sesama napi, hingga mereka membakar Kronolgedung

Ini Runutan Kronologis Pemberontakan Narapidana Lapas Narkotika Langkat
Tribun Medan/Dedy Kurniawan
Kondisi di Lapas Narkotika Langkat, Kamis (16/5/2019). 

Ini Runutan Kronologis Chaosnya Lapas Narkotika Langkat

TRIBUN-MEDAN.com, STABAT - Penyebab kerusuhan di Lembaga Pemasyarakatan (Lapas) Klas III Narkotika, Kabupaten Langkat, Sumatera Utara ditengarai aksi arogan petugas lapas berinisial AT yang diduga menganiaya napi yang karib disapa Ajo.

Sontak napi lain tidak terima memicu kerusuhan yang terjadi pada Kamis (16/5/2019) sekitar pukul 14.00 WIB hingga pukul 17.00 WIB.

Kejadian penganiayan itu berlangsung sekitar pukul 12.00 WIB. Pemberontakan narapidana terjadi karena rasa empati sesama napi, hingga mereka membakar gedung, membakar tiga mobil, dan sekitar 30an sepeda motor milik petugas yang terparkir.

"Tadi gara-gara dipukuli warga kami bang, capek lah bang, sampe peyot-peyot lah. Sama makanan, kalau bisa diperhatikan aja makanan," katanya yang enggan kabur karena memikirkan keluarga.

Dibeberkannya, ribuan napi melakukan aksi brutal, membakar gedung, membakar kendaraan bermotor, memecahkan kaca dan melempari petugas polisi yang hendak melakukan pengamanan ke dalam lapas. Kondisi mulai aman jika pihak TNI yang melakukan negoisasi dengan napi.

"Gak suka kami sama polisi. Orang itu yang nangkap kita, dikasihnya sabu dijualnya sabu sama kita, ditangkap juga," ujar Farid Maulana.

Napi lainnya mengatakan motif senada, mereka tak terima rekan mereka dipukuli sipir di depan umum diduga membabibuta. Bahkan napi yang dipukuli sampai tak berdaya dan hingga mengeluarkan kotoran tinja.

Baca: KESAKSIAN NARAPIDANA: Kondisi Dalam Lapas Hancur Sehancur-hancurnya

Baca: Warga: Mengerikan Hembusan Anginnya Berputar-putar! Tujuh Rumah Rusak Diterjang Puting Beliung

Kondisi di Lapas Narkotika Langkat usai kerusuhan, Kamis (16/5/2019).
Kondisi di Lapas Narkotika Langkat usai kerusuhan, Kamis (16/5/2019). (TRIBUN MEDAN/RISKY CAHYADI)

"Kawan kami pula dipukuli orang itu sampai keluar taiknya bang. Cemana lah kami gak marah kali. Udah itu makanan suka-suka orang lapas aja bagikannya. Polisi kalau bisa gak usah ada disini, kami benci polisi. Polisi yang mengedarkan sabu di negara ini, di lapas oramg itu juga, orang itu yang nangkap kami" ujar napi bertatto di lengannya.

Sepeda motor terbakar di depan Lapas Narkotika Langkat, Kamis (16/5/2019).
Sepeda motor terbakar di depan Lapas Narkotika Langkat, Kamis (16/5/2019). (Tribun Medan/Dedy Kurniawan)

Alasan petugas menghajar Ajo diduga lantaran menggunakan narkoba di dalam Lapas. Ajo dianiaya dengan ditendangan, dipijak-pijak, cekikan dan pukulan dari oknum petugas lapas inisial AT tepatnya di depan Blok T5 dia dipukuli diinjak-injak.

Halaman
123
Penulis: Dedy Kurniawan
Editor: Feriansyah Nasution
Sumber: Tribun Medan
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2019 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved