Terungkap Kenapa Payudara Kiri Lebih Besar Daripada Kanan, Hingga Mengenal Ciri-ciri Kanker Payudara

Beberapa orang mengeluhkan payudara kiri yang ukurannya lebih besar dibanding yang kanan

Terungkap Kenapa Payudara Kiri Lebih Besar Daripada Kanan, Hingga Mengenal Ciri-ciri Kanker Payudara
Shutterstock
Ilustrasi 

TRIBUN-MEDAN.COM - Beberapa orang mengeluhkan payudara kiri yang ukurannya lebih besar dibanding yang kanan. Kadang yang kanan lebih besar dari yang kiri.

Bagaimana sains melihat hal ini dan menjelaskannya?

Dr Jessica A. Shepherd, direktur Minimally Invasive Gynecology di University of Illinois, Chicago, mengatakan ada beberapa teori yang membahas tentang ukuran payudara yang berbeda antara kiri dan kanan.

Salah satu teori mengungkap, perbedaan ukuran payudara kanan dan kiri disebabkan oleh faktor hormonal.

"Asimetri payudara biasanya terlihat pada masa pubertas, di mana ada payudara yang tumbuh lebih cepat dan merespons lebih banyak tingkat estrogen dibanding yang lain," ujarnya dilansir New Beauty.

Melansir Menshealth via Kompas.com,  penelitian di Turki mengungkap bahwa bagian tubuh sebelah kiri umumnya lebih tinggi sensitivitas dan imunitasnya.

Kondisi ini yang kemudian memengaruhi hormon, terutama hormon estrogen dalam memegang peranan penting pada ukuran payudara.

Selain itu, teori lain berkata bahwa payudara kiri lebih besar dibanding kanan karena letaknya di dekat jantung yang memiliki banyak pembuluh darah, urat nadi, dan lapisan lemak yang melindungi jantung.

Seorang ahli bedah plastik dari kota Grand Rapids, Michigan, Bradley Bengtson juga mengatakan bahwa payudara tidak simetris.

"Salah satu profesor favorit saya pernah berkata bahwa payudara bukan kembar, keduanya bagai saudara. Hal itu saya ingat dan itulah yang saya sampaikan pada pasien," ungkapnya.

Halaman
1234
Editor: Abdi Tumanggor
Sumber: Kompas.com
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2019 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved