Bayi dalam Kandungan Harus Didaftarkan Jadi Peserta BPJS Kesehatan, Jika Tidak Ini Akibatnya

Staf Komunikasi KC BPJS Kesehatan Medan Redho Nofand mengatakan, saat ini bayi dalam kandungan bisa jadi peserta

Bayi dalam Kandungan Harus Didaftarkan Jadi Peserta BPJS Kesehatan, Jika Tidak Ini Akibatnya
TRIBUN MEDAN/Liska Rahayu
Warga sedang mengantre untuk mengurus pembuatan BPJS Kesehatan di Jalan Karya. 

Laporan Wartawan Tribun Medan/Liska Rahayu

TRIBUN-MEDAN.Com, MEDAN - Staf Komunikasi KC BPJS Kesehatan Medan Redho Nofand mengatakan, saat ini bayi dalam kandungan ataupun yang baru lahir bisa langsung menjadi peserta BPJS Kesehatan

Regulasinya tergantung pada segmennya, yaitu segmen perusahaan atau peserta mandiri.

"Kalau segmen perusahaan, akan ditanggung sampai anak ketiga. Kalau dari perusahaan, cukup dilaporkan waktu dia lahir. Kalau peserta mandiri, butuh waktu 14 hari tunggu, jadi kalau lahiran dan butuh perawatan (bayi) enggak mungkin nunggu 14 hari dulu. Jadi ada program namanya pendaftaran bayi dalam kandungan," katanya Minggu (4/11/2018).

Redho menjelaskan pendaftaran bayi dalam kandungan akan memakai identitas orangtua bayi atau ibunya dengan nama Bayi Nyonya (diikuti nama ibu).

Menanggapi bayi prematur yang meninggal di RSUD Adam Malik pada Jumat (2/11/2018) dini hari lalu, Redho mengatakan, BPJS Kesehatan hanya menanggung peserta BPJS aktif.

"Kalau peserta seperti itu (kasus bayi), kita tidak bisa. Yang kita tanggung adalah peserta BPJS yang aktif. Jadi untuk kejadian seperti ini, bisa tidak terjadi kalau didaftarkan sejak dalam kandungan," jelasnya.

Dijelaskan Redho, BPJS Kesehatan memiliki regulasi. Tidak hanya membuat regulasi, BPJS Kesehatan juga memikirkan kasus-kasus yang mungkin terjadi.

"Misalnya seperti kasus ini, makanya waktu masih di dalam kandungan, itu bisa dilaporkan ke kita," jelasnya.

Pembayarannya pun, masih kata Redho, dilakukan setelah melahirkan. Bukan berarti sejak calon ibu mendaftarkan pada bulan kesatu hingga bulan keenam kandungan, tetap dibayar sembilan bulan.

Halaman
12
Penulis: Liska Rahayu
Editor: Fahrizal Fahmi Daulay
Sumber: Tribun Medan
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2019 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved