PASI Sumut Andalkan Atlet Asian Games 2018 untuk Bertarung pada PON Papua

Suharjo juga mengatakan, di luar empat atlet tersebut, sebenarnya juga ada atlet lain di nomor jalan cepat

PASI Sumut Andalkan Atlet Asian Games 2018 untuk Bertarung pada PON Papua
TRIBUN MEDAN/HO
Sekretaris Umum Pengprov PASI Sumut Drs. Suharjo, M.Pd. 

Laporan Wartawan Tribun Medan, Chandra Simarmata

TRIBUN-MEDAN.com, MEDAN -

Pengurus Provinsi (Pengprov) Persatuan Atletik Seluruh Indonesia Sumatera Utara (PASI Sumut) masih belum menentukan target total jumlah atlet yang akan berlaga di PON 2020 Papua.

Tapi PASI Sumut menargetkan keempat atletnya yang sebelumnya berlaga di Asian Games 2018 akan mampu lolos pra PON 2019 dan bisa mengikuti PON 2020 di Papua.

Mereka adalah Abdul Hafiz di nomor lempar lem­bing putra, Welman di nomor lari, Agustina Manik di nomor lari 800 meter, dan Prety Sihite di nomor lari 3.000 meter halang rintang (steeplechase).

"Paling Target yang sudah ada di depan mata itu yang ikut pelatnas Asian Games kemarin itu ada 4 orang (Hafiz, Welman, Agustina, dan Prety). Mudah-mudahan itu lolos lah. Kalau lihat hasil sebelumnya sudah masuk dia, tapi itu kan hasil tahun 2017 dan 2018. Sementara limit ini kan diakui mulai event Januari-Desember 2019," ujarnya Kamis sore (27/12/2018).

Lebih lanjut, Suharjo juga mengatakan, di luar empat atlet tersebut, sebenarnya juga ada atlet lain di nomor jalan cepat yang ditargetkan untuk bisa lolos di pra PON 2019. Tapi menurut Suharjo prestasi atlet di nomor tersebut sempat menurun. Namun jika tidak melewati limit PON, dia tetap berharap atlet tersebut turut mampu lolos pra PON 2019 melalui rangking dan ikut PON 2020 nantinya.

"Jalan cepat pun gak banyak peminatnya secara nasional. Mudah-mudahan dia masuk rangking (lolos), Syukur," terangnya.

Saat ditanya apakah PASI SUMUT akan menurunkan pelatih khusus atau pelatih asing untuk menambah tenaga pelatih yang akan membina atlet PASI Sumut dalsm menghadapi pra PON 2019 maupun PON di Papua, Suharjo mengatakan bahwa rencana tersebut belum ada. Pasalnya mengingat finansial PASI Sumut, menurut Suharjo belum mencukupi jika harus sampai menurunkan pelatih asing.

Karena itu PASI Sumut juga berharap nantinya terkait hal tersebut bisa didapatkan dari KONI Sumut.

Halaman
123
Penulis: Chandra Simarmata
Editor: Feriansyah Nasution
Sumber: Tribun Medan
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2019 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved