Breaking News:

TRIBUN WIKI: 9 Spot Foto Selfie di Tjong A Fie Mansion yang Menarik dan Sulit Dilewatkan

Rumah Tjong A Fie terletak di Jalan Jenderal Ahmad Yani No.105, Kesawan, Medan Bararat, Kota Medan, Sumatera Utara

TRIBUN MEDAN/AQMARUL AKHYAR
Rumah Tjong A Fie, di Jalan Jenderal Ahmad Yani No.105, Kesawan, Medan Bararat, Kota Medan, hari Senin, (8/4/2019) 

TRIBUN-MEDAN.com - Rumah Tjong A Fie terletak di Jalan Jenderal Ahmad Yani No.105, Kesawan, Medan Bararat, Kota Medan, Sumatera Utara.

Rumah Tjong A Fie sudah lama menjadi landmark alias lokasi terkenal di ibu kota Sumatra Utara.

Nama Tjong A Fie ini berasal dari bahasa Aksara Tionghoa dan rumah Tjong A Fie tersebut juga diambil dari pemiliknya sendiri.

Ia merupakan seorang pengusaha, bankir dan Kapitan yang berasal dari Tiongkok serta sukses membangun bisnis besar dalam bidang perkebunan di Sumatera.

Tjong A Fie dengan nama asli Tjong Fung Nam lahir di Guangdong, Tiongkok tahun 1860 dan meninggal dunia di usia 60-61 pada 4 Februari 1921 di Kota Medan. Ia juga termasuk tokoh berpengaruh di Kota Medan pada saat itu.

Rumah Tjong A Fie ini resmi dibuka untuk umum pada tanggal 8 Juni 2009, dengan tujuan untuk mengenang Tjong A Fie.

Untuk memasuki rumah yang kaya akan arsitektur tersebut cukup mengeluarkan uang Rp 35 ribu bagi orang dewasa dan Rp 20 ribu untuk anak-anak.

Rumah tersebut bernuansa arsitektur 3 budaya Tionghoa, Melayu, dan Eropa saat masa dahulu dan hal ini yang membuat daya tarik wisatawan lokal dan luar Kota Medan.

Jika berkunjung ke Ruma Tjong A Fie, para pengunjung akan mengetahui sejarah-sejarah keterkaitan Masyarakat Tionghoa pada saat dahulu terhadap Kota Medan, begitu juga terhadap kerajaan Sultan Deli.

Di sini juga bisa mendapatkan hal seperti benda-benda peninggalan budaya Tionghoa pada saat masa sebelum kemerdekaan dan di saat masa penjajahan.

Dalam hal ini juga, bahwasanya pengunjung bisa menemui 9 spot berswafoto di Rumah Tjong A Fie yang memiliki cerita sejarah terkait Tjong A Fie pada saat itu. Simak lah sebagai berikut 9 spot berswafoto di rumah Tjong A Fie yang memiliki cerita dan sejarah. 

1. Ruang Tamu Untuk Menerima Kesultanan Deli

Guide Tour Rumah Tjong A Fie, Handa, mengatakan Ruang tamu di rumah Thong A Fie terbagi tiga yang pertama ruang tamu untuk menerima tamu Kesultanan Deli atau Sultan Deli sendiri, kedua ruang tamu umu untuk menerima tamu orang Eropa (Belanda) dan Indonesia, ketiga ruang tamu keluarga. 

Ruang tamu untuk menerima kedatangan Sultan Deli di dekorasi dengan konsep melayu. Konsep tersebut terlihat dari tirai jendela yang menggunakan tirai warna kuning serta gaya arsitektur jendela dengan konsep budaya Melayu. 

Halaman
1234
Sumber: Tribun Medan
  • Ikuti kami di
    KOMENTAR

    BERITA TERKINI

    berita POPULER

    © 2023 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
    All Right Reserved