Dongkrak PAD, Eddy Berutu Wajibkan Pengusaha yang Pekerjakan Orang Asing Bayar Kompensasi

Ada beberapa jenis retribusi yang dihapus, yakni retribusi penggantian biaya cetak Kartu Tanda Penduduk, Akta Catatan Sipil, dan Izin Gangguan.

Dongkrak PAD, Eddy Berutu Wajibkan Pengusaha yang Pekerjakan Orang Asing Bayar Kompensasi
TRIBUN MEDAN/DOHU LASE
Bupati Dairi Eddy Berutu (dua dari kiri) menjabat tangan Ketua DPRD Dairi Sabam Sibarani usai menyerahkan secara simbolik ranperda retribusi, serta ranperda pilkades dan perangkat desa, saat sidang paripurna di Kantor DPRD Dairi, Senin (1/7/2019). 

TRIBUN-MEDAN.COM, DAIRI - Bupati Dairi Eddy Berutu menyampaikan nota pengantar ranperda retribusi dearah, pemilihan kepala desa dan perangkat desa pada sidang paripurna DPRD Dairi, Senin (1/7/2019) di Kantor DPRD Dairi, Jalan Sisingamangaraja, Sidikalang.

Eddy Berutu membacakan nota pengantar Ranperda tentang Perubahan atas Peraturan Daerah Kabupaten Dairi Nomor 7 Tahun 2011 tentang Retribusi Daerah, Perubahan Atas Peraturan Daerah Kabupaten Dairi Nomor 2 Tahun 2015 tentang Pemilihan Kepala Desa, dan Perubahan atas Peraturan Daerah Kabupaten Dairi Nomor 2 Tahun 2016 tentang Perangkat Desa.

Disebutkan Eddy, retribusi adalah pungutan yang dikenakan kepada masyarakat yang menggunakan fasilitas disediakan daerah.

Pajak daerah dan retribusi daerah merupakan komponen utama Pendapatan Asli Daerah (PAD).

Pada Perubahan Atas Peraturan Daerah Kabupaten Dairi Nomor Tahun 2011 tentang Retribusi Daerah, ada beberapa jenis retribusi yang dihapus, yakni retribusi penggantian biaya cetak Kartu Tanda Penduduk, Akta Catatan Sipil, dan Izin Gangguan.

Namun, ada yang ditambah, yakni retribusi perpanjangan Izin Mempekerjakan Tenaga Kerja Asing (IMTKA).

Pemberi kerja TKA wajib membayar dana kompensasi atas setiap TKA yang dipekerjakan.

"TKA yang lebih satu tahun bekerja di Dairi, tahun kedua dan seterusnya dikenakan retribusi perpanjangan IMTKA yang merupakan penerimaan daerah," ucap Eddy.

Sidang paripurna DPRD Dairi dipimpin Ketua DPRD Dairi Sabam Sibarani. Sebelum sidang dimulai, Sabam Sibarani menyampaikan sebanyak 22 dari 35 anggota DPRD Dairi membubuhkan tanda tangan pada absen. Sesuai tata tertib, jumlah itu memenuhi syarat kuorum.

(cr16/tribun-medan.com)

Penulis: Dohu Lase
Editor: Feriansyah Nasution
Sumber: Tribun Medan
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2019 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved